Ingin Petani Melek Teknologi, Gubernur Erzaldi Bawa Ahlinya Langsung

Irwan
Ingin Petani Melek Teknologi, Gubernur Erzaldi Bawa Ahlinya Langsung

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID – Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman menginginkan para petani lada di Bangka Belitung dapat menguasai teknologi informasi guna mendukung produktivitas lada.

Saat bertemu dengan para petani dan Penyuluh Lada Milenial di Balai Benih Pertanian milik Pemprov Bangka Belitung yang terletak di Desa Air Pelempang, Kecamatan Mendo Batat, Kabupaten Bangka, Jumat (10/1/2020) Gubernur Erzaldi menghadirkan langsung pakar teknologi informasi dari Telkomsel Pangkalpinang dan Staf Khusus Gubernur Babel Safarudin yang membidangi masalah IT, serta Prof. Bambang Hadimulyo dari UGM.

Selain itu, juga ikut hadir Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel Juaili, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel M. Soleh.

Gubernur mengatakan, paparan yang dilakukan oleh Telkomsel untuk mensosialisasikan teknis penanganan program pertanian lada menggunakan berbasis teknologi.

“PT Telkomsel memberikan sosialisasi teknis penanganan atau program pertanian yang dikaitkan dengan teknologi,” ujar Gubernur Erzaldi seperti dilansir dari Humas Pemprov Babel.

Dengan sosialisasi IT ini, para petani diharapkan mengetahui dan memahami penggunaan IT dalam perkebunan lada, yang nantinya akan diimplemtasikan oleh Balai Benih Pertanian Bangka Belitung.

Dalam IT perkebunan lada ini, dikatakan Gubernur, nantinya para petani dan penyuluh akan mengetahui dan mengecek kodisi air dan hal-hal lainnya berkenaan dengan pertanian.

Selain itu, untuk memberikan pemahaman tata niaga lada, Pemprov Bangka Belitung juga telah mengundang Saparudin selaku Staf Khusus Gubernur Babel yang menanguasai persoalan tata niaga lada. Tujuanya agar semua petani dan peyuluh memahami tata niaga lada.

“Kehadiran Saparudin untuk memberikan pemahaman tentang tata niaga lada agar tidak semua orang membeli lada seenaknya, dia tidak mikir betapa susahnya pentani menanam Lada,” ungkap Gubernur. (BBR)