Ini Fakta Pasien Positif Covid-19 di Beltim, Ternyata Penumpang Pesawat

kasmirudin
Ini Fakta Pasien Positif Covid-19 di Beltim, Ternyata Penumpang Pesawat
ilustrasi.

BELITUNG, BABELREVIEW.CO.ID -- Bupati Belitung yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung, Sahani Saleh, membenarkan informasi adanya penambahan satu kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung.

Hal ini tertuang dalam rilis yang diterima babelreview.co.id. Dengan tambahan satu kasus positif Covid-19 ini, berarti mencatatkan angka positif terkonfirmasi Covid-19 di Babel per hari Minggu (10/5/2020) menjadi 29 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pasien terkonfirmasi positif ini adalah pasien 750 laki-laki (61) yang beralamat di Bekasi, namun bekerja di Dusun Air Batu, Desa Air Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Belitung Timur.

Pasien 750 merupakan salah satu dari 74 penumpang pesawat yang terbang dari Jakarta menuju Tanjungpandan pada tanggal 6 April 2020.

Selanjutnya yang bersangkutan menuju ke salah satu mess (penginapan) perusahaan tambang di Dusun Air Batu, Desa Batu Itam Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur untuk menjalani swaisolasi selama 14 hari, dan melanjutkan pekerjaan di daerah tersebut.

Pada tanggal 29 April 2020, pasien 750 datang ke RSUD dr. H. Marsidi Judono untuk meminta surat keterangan bebas Covid-19, guna mendapat rujukan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung sebagai persyaratan dari maskapai pesawat terbang, dengan tujuan melakukan perjalanan pulang kembali ke tempat tinggalnya di Bekasi.

Surat keterangan dimaksudkan untuk memastikan yang bersangkutan benar-benar bebas dari gejala dan skrining rapid test Covid-19 non reaktif. Namun, setelah dilakukan rapid test, didapatkan hasil reaktif. Sehingga pasien 750 langsung diisolasi di RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung, untuk dilakukan pengambilan Swab tenggorokan pada tanggal 4 Mei 2020 dan 5 Mei 2020.

Kemudian spesimen Swab dikirim untuk uji PCR ke Puslitbangkes Biomedis dan Tehnologi Dasar Kesehatan Kementerian Kesehatan RI pada Rabu (6/5/2020). 

 Saat ini, pasien 750 sedang menjalani isolasi hari ke-12 di RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung dengan kondisi sehat tanpa gejala apapun terkait penyakit Covid-19. Namun yang bersangkutan memang memiliki riwayat penyakit komorbid hipertensi terkontrol dan minum obat teratur.

 “Pada tanggal 9 Mei 2020, kami telah menerima informasi yang melegakan dari Puslitbangkes Biomedis dan Tehnologi Kesehatan Dasar Kemenkes RI di Jakarta, terkait hasil pemeriksaan uji PCR 12 (tabung specimen Swab tenggorokan yang dikirim pada Rabu (6/5/2020),” kata Sahani.

Lima pasien lain hasilnya sebagai berikut:

  • Halaman
  • 1
  • 2