Inilah Hasil Penelitian Stisipol Pahlawan 12 Mengenai Indeks Pembangunan Manusia

Irwan
Inilah Hasil Penelitian Stisipol Pahlawan 12 Mengenai Indeks Pembangunan Manusia
Stisipol Pahlawan 12 Sungaliat menggelar seminar penelitian dosen, Senin (28/9/2020). Foto: Ibnu

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Dihadiri sejumlah dosen, Stisipol Pahlawan 12 Sungaliat menggelar seminar penelitian dosen, Senin (28/9/2020).

Presentasi hasil penelitian dipaparkan oleh Hattami Amar, S.E., MM & Anthony Lee Mega Satria dengan judul “Pengaruh Belanja Urusan Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bangka".

Dalam pemaparannya disimpulkan bahwa belanja urusan pendidikan, kesehatan dan ekonomi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bangka tahun 2010 hingga tahun 2019 dengan pengaruh sebesar 92,6 persen.

Namun pengaruhnya berbalik arah menjadi tidak signifikan ketika belanja urusan pendidikan, kesehatan dan ekonomi masing-masing dipisahkan karenakan belanja dalam urusan tersebut belum terarah mengurangi kesenjangan antara capaian indikator harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, umur harapan hidup saat lahir dan pengeluaran perkapita dengan indikator idealnya atau indikator maksimum.

Selanjutnya, peneliti merekomendasikan kepada pemerintah kabupaten agar mengalokasikan belanja urusan pendidikan difokuskan kepada pemberian beasiswa, baik kepada siswa, mahasiswa, maupun para pendidik termasuk guru serta dosen.

Rekomendasi lainnya berupa pengalokasian belanja urusan kesehatan agar difokuskan kepada program yang bersifat pencegahan termasuk layanan kesehatan ibu sehat melahirkan serta peningkatan alokasi pada belanja urusan ekonomi dalam konteks pemberdayaan masyarakat (UMKM) untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Wakil Ketua I Stisipol Pahlawan 12 Sungailliat Bangka Shulby Yozar Ariadhy, S.IP., M.PA., M.Sc berharap hasil penelitian ini dapat berguna untuk membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan terkait Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bangka.

"Hasil penelitian ini sangat penting untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bangka. Saya berharap hasilnya tidak hanya sampai disini saja tetapi dapat diteruskan ke pemerintah setempat," pungkasnya. (BBR)