Ini Syaratnya Bagi Pelaku Bisnis Penginapan dan Hotel Jika Ingin Buka Kembali

Ibnuwasisto
Ini Syaratnya Bagi Pelaku Bisnis Penginapan dan Hotel Jika Ingin Buka Kembali
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH. (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Sektor perekonomian di bidang hotel dan penginapan juga mengalami dampak akibat adanya penyebaran wabah virus corona atau Pandemi Covid-19.

Dan untuk saat ini pemerintah pusat sudah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk melakukan segala aktivitasnya, tetapi dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH kemudian menerangkan bagi pelaku usaha bisnis penginapan dan hotel bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin membuka kembali bisnisnya. Salah satu syaratnya adalah, harus menyediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir di tiap pintu masuk, kemudian harus memuat tulisan himbauan agar tamu wajib menggunakan masker. Dan harus ada petugas lengkap dengan pengukur suhu atau thermogan.

"Selain itu harus menyediakan hand sanitizer di meja resepsionis dan harus ada tanda untuk physical distancing. Selanjutnya harus ada tanda larangan untuk duduk berdekatan, sedangkan untuk petugas resepsionis harus menggunakan face field dan sarung tangan. Dan harus selalu siap dengan penyemprotan cairan disinfektan, kemudian petugas hotel harus bisa mengatur jarak antara tamu," ujarnya, Minggu (5/7/2020).

Selanjutnya ia mengatakan jika peraturan standard operating procedure (SOP) tersebut diterapkan sesuai dengan peraturan dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2020.

"Sedangkan untuk pengelola tempat wisata di pantai, jangan lupa membuat dan memasang spanduk yang dipasang di titik-titik yang dianggap rawan dan pintu masuk. Isi tulisan di spanduk itu adalah untuk menjaga jarak, wajib memakai masker dan harus diukur suhu badan dengan menggunakan thermogan," tukasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review