Inovasi Desa Kotawaringin Kembangkan UMKM Khas Desa

faisal
Inovasi Desa Kotawaringin Kembangkan UMKM Khas Desa
Foto : Dokumen Babel Review
Buah Bidada Khas Desa Kotawaringin
Buah Bidada Khas Desa Kotawaringin
Dodol Buah Bidada
Dodol Buah Bidada
Kerajinan Lidi Kelapa Desa Kotawaringin
Kerajinan Lidi Kelapa Desa Kotawaringin

KOTAWARINGIN, BABELREVIEW.CO.ID -– Untuk meningkatkan pengembangan UMKM khas desa, pemerintah desa (Pemdes) Kota Waringin, Kecamatan Puding, Kabupaten Bangka, memprioritaskan program inovasi desa yang bersumber dari Dana Desa.

Dibalik wabah covid-19 yang melanda dunia, serta instruksi pemerintah pusat dalam penanggulangan covid-19 menggunakan dana desa, pemdes Kota Waringin tetap memporsikan pemberdayaan masyarakat dengan melalui program inovasi desa diantaranya pengembangan makanan dodol dan sirup buah bidada serta kerajinan lidi kelapa.

Pj Kades Kotawaringin, Dulhamid mengatakan, pengelolaan buah bidada menjadi makanan khas desa sudah dilakukan sejak tahun 2017 sehingga tetep dipertahankan sebagai progam inovasi desa tahun 2020 ini.

"Dodol dan sirup buah bidada merupakan umkm khas Desa Kotawaringin yang memiliki citarasa khas dan berkhasiat pula bagi kesehatan yang dikelola oleh KWT dan PKK Desa,"ujarnya kepada Babel Review, Kamis (24/4/2020).

Kades menuturkan, dalam pengembangan ini ada kendala di bahan baku yang dimana buah bidada hanya berbuah 3 kali dalam satu tahun.

"Selain pengelolaan buah bidada, dengan letak desa di dekat pesisir sehingga banyaknya pohon kelapa, kami mengembangkan sektor kerajinan dengan mengelola lidi kelapa menjadi sesuatu barang yang bernilai ekonomis seperti khiasan dinding, piring, khiasan lampu, tempat buah, tas dan banyak lainnya,”ucap Kades.

Dikatakannya, dalam realisasi program inovasi desa, pemdes menganggarkan berbagai bantuan seperti menyediakan alat produksi dan bahan baku sekaligus memfasilitasi sektor pemasaran dari branding hingga perizinan.

"Produk dan program inovasi desa ini tetap kami porsikan disaat ada intruksi pemerintah untuk mengelokasikan dana desa untuk pencegahan covid-19, ini adalah wujud pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan perekonomian Desa Kotawaringin,"pungkasnya


Penulis : Faisal

Editor   : Admin03

Sumber : BBR