Inspektorat Daerah Basel Siap Terima Laporan Pemdes Terima Fee Ilegal Mining

kasmirudin
Inspektorat Daerah Basel Siap Terima Laporan Pemdes Terima Fee Ilegal Mining
Plt Inspektorat Daerah Basel, PD Marpaung. (Foto: Andre)

TOBOALI,BABELREVIEW.CO.ID -- Setelah imbauan agar pemerintah desa tidak terlibat dalam setiap ilegal mining dilontarkan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SPPPAPMD) Bangka Selatan, kini giliran Inspektorat Daerah Pemkab Basel yang buka suara.

"Kepada kepala desa maupun Pemdes untuk tidak bermain kecurangan dalam memungut fee hasil tambang, untuk masuk ke kas desa atau PADes, " jelas Plt Inspektorat Daerah Basel, PD Marpaung.

Menurutnya, peringatan dari Dinas SPPPAPMD itu sudah tepat. Mengingat, segala bentuk kecurangan atau fraud dalam keuangan desa, tentu menyalahi ketentuan peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan keuangan desa.

Semua pendapatan atau penerimaan atas nama desa, lanjutnya, harusnya dicatat dan disetor ke kas desa dan sumber pendapatan dimaksud juga wajib diatur dalam peraturan kepala desa dan atau peraturan desa atau minimal melalui perikatan perjanjian yang legal antara si pemberi dan penerima.

Lebih lanjut ia mengatakan,  untuk perikatan atau perjanjian tersebut harus terdaftar dalam adminstrasi desa. Bilamana ada oknum kades atau Pemdes yang ‘bermain’ (minta jatah/fee) seperti yang diinformasikan tersebut, dimohon kesediaan untuk melaporkan ke Pak bupati ataupun melalui Inspektorat guna proses lebih lanjut.

"Kami siaga untuk menerima laporan tersebut di kantor Inspektorat, sebagai bentuk pengaduan masyarakat," tegasnya. (BBR)


Penulis  : Andre
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review