Jadi Khatib Salat Jumat, Gubernur Erzaldi Ajak Masyarakat Terus Menuntut Ilmu

kasmirudin
Jadi Khatib Salat Jumat, Gubernur Erzaldi Ajak Masyarakat Terus Menuntut Ilmu
Gubernur Erzaldi, saat menjadi khatib salat Jumat berjamaah di Masjid Al Mukmin, Dusun Kedondong, Desa Tumbak Petar, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (17/6/2020). (Foto: Istimewa)

JEBUS, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengajak masyarakat Desa Tumbak Petar untuk selalu menuntut ilmu. Ajakan itu disampaikan Gubernur Erzaldi, saat menjadi khatib salat Jumat berjamaah di Masjid Al Mukmin, Dusun Kedondong, Desa Tumbak Petar, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (17/6/2020).

Gubernur Erzaldi pada khutbahnya menyampaikan tema "Mulia dengan Iman dan Ilmu". Dalam penjelasannya, kewajiban bagi orangtua adalah mendidik dan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anaknya, baik secara langsung, di rumah ataupun menitipkan di lembaga pendidikan.

Hal ini karena sesuai dengan perintah Allah SWT kepada seluruh umat-Nya untuk menuntut ilmu sebagai bekal dalam menjalani hidup.

Dalam pandangan Islam, ilmu adalah sesuatu yang tergolong suci, bagaikan cahaya dan pelita di malam yang gelap.

"Seseorang tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa cahaya dan pelita. Demikian pula seseorang tidak akan bisa membedakan yang baik dan buruk jika mereka tidak berilmu. Allah Swt akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu, tak hanya di dunia tapi juga di akhirat," jelasnya.

Karena itu, seorang muslim tidaklah cukup hanya dengan menyatakan keislamannya, tanpa berusaha untuk memahami hakikat Islam itu sendiri tanpa mengamalkannya. Untuk melaksanakan konsekuensi dari pengakuan seorang muslim itu membutuhkan ilmu.

Oleh sebab itu, sesibuk apapun seseorang harus terus menuntut ilmu, menghadiri kajian-kajian, mengikuti majelis-majelis ilmu, membaca buku, berdiskusi, dan lainnya. (BBR)


Penulis : Diskominfo Babel

Editor   : Kasmir

Sumber : Diskomifo Babel