Jadi Khotib Sholat Jumat, Wabup Bangka Ajak Bijaksana Hadapi Covid-19

Irwan
Jadi Khotib Sholat Jumat, Wabup Bangka Ajak Bijaksana Hadapi Covid-19

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Wakil Bupati Bangka, Syahbudin Sip saat menjadi khotib sholat Jum'at di Masjid Agung Sungailiat mengajak kepada seluruh jamaah untuk bersabar dalam menghadapi wabah Covid-19 yang melanda saat ini.

Disampaikan Wakil Bupati, saat ini pemerintah daerah telah berupaya dan berusaha untuk memutuskan mata rantai penyebaran wabah penularan virus corona. Dia katakan bahwa tugas masyarakat adalah mendukung program pemerintah dalam menuntaskan virus tersebut.

Menurutnya, sebagai umat Islam harus menyakini Al Qur'an sebagai petunjuk kehidupan sehari-hari, dan hendaknya mampu untuk berinteraksi kepada sang pencipta melalui kitab suci tersebut.

"Momentum hari raya isra mi'raj dengan adanya wabah pandemi Covid-19 tahun ini, bahwa Allah meminta kita untuk bersabar dan terus melaksanakan ibadah sholat maupun yang lainnya. Karena Allah akan memberikan pertolongan kepada hambanya yang sabar dan selalu menjalankan ibadah," ujarnya, Jumat (12/3/2021).

Ia menuturkan jika Allah menguji umatnya dengan adanya musibah wabah covid-19 akan lebih meningkatkan kualitas ibadah. Mengingat segala ibadah mendapatkan pahala, maka Wabup menyanyankan apabila masih ada umat muslim yang bermalas-malasan dalam menjalankan ibadah.

"Hikmah yang dapat kita renungi dari kejadian ini adalah bahwa masih banyak nikmat lain yang Allah berikan kepada umatnya, selain itu kita harus selalu berprasangka baik kepada Allah jika dibalik musibah pasti ada sesuatu yang baik yang telah disiapkan. Kemudian dengan adanya musibah ini, kita diwajibkan untuk melakukan pola hidup sehat dan bersih seperti memakai masker ketiak berada di luar rumah, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun," terangnya.

Di akhir khotbahnya ia mengajak kepada seluruh jemaah sholat Jum'at untuk mengambil hikmah Isra Mi'raj tahun ini dalam menghadapi wabah covid-19 dengan sikap yang bijaksana, cerdas dan profesional. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan