Jalin Sinergi, Hipmi Pangkalpinang dan Angkasa Pura Dorong Pemberdayaan Pelaku Usaha dan Produk UMKM

Kasmirudin
Jalin Sinergi, Hipmi Pangkalpinang dan Angkasa Pura Dorong Pemberdayaan Pelaku Usaha dan Produk UMKM
Hipmi Kota Pangkalpinang bersama dengan Angkasa Pura Bandara Depati Amir Bangka menjalin sinergi guna mendorong penguatan ekonomi dan pemberdayaan bagi sektor pelaku usaha atau UMKM. (Foto: Faisal)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Pangkalpinang bersama dengan Angkasa Pura Bandara Depati Amir Bangka menjalin sinergi guna mendorong penguatan ekonomi dan pemberdayaan bagi sektor pelaku usaha atau UMKM.

Penguatan sinergi melalui program kemitraan ini mencakup peluang-peluang berkolaborasi memberdayakan hasil-hasil produk UMKM dengan menyediakan space/tempat jualan dan berbagai program lainnya di area Bandara Depati Amir

Ketua Umum BPC Hipmi Pangkalpinang, Yuri Sagali menyampaikan niatnya untuk menjalin sinergi penguatan ekonomi melalui program kemitraan guna menyerap produk-produk UMKM.

"Hipmi berkomitmen untuk terus melakulan sinergi dan kolaborasi agar dapat mendorong geliat bagi pelaku UMKM yang selama ini membutuhkan mitra baik BUMN maupun Perbankan untuk memperluas relasi," ujarnya, Senin (25/1/2020).

Dengan adanya dukungan dan sinergi ini, Yuri mengharapkan, UMKM lokal yang merupakan sektor riil terbesar yang terdampak pandemi Covid-19 dapat segera pulih dan perlahan bangkit untuk mendukung kinerja perekonomian daerah.

Sementara itu, Head of Comercial HUC Bandara Depati Amir, Agusmudi Lukito mengatakan, sinergi ini merupakan langkah positif untuk memperkuat sektor UMKM melalui pola kemitraan.

“Kami sangat antusias terhadap sinergi ini, dan diharapkan bisa membuahkan hasil yang menggembirakan tidak hanya dari sisi bisnis, namun pengembangan UMKM secara menyeluruh serta turut mendorong roda perekonomian daerah,"ucapnya.

Dalam program kemitraan tersebut, pihak Bandara Depati Amir mengajak Hipmi Pangkalpinang untuk berkolaborasi mengelola space atau ruang kosong di area Bandara Depati Amir.

“Ada beberapa space area seperti area selasar di luar bandara serta beberapa space di ruang tunggu yang potensial untuk dikelola bersama. Tentu kami harapkan melalui Hipmi kita bisa buat semacam galeri dengan menyediakan dan memperkenalkan produk-produk lokal UMKM dari member Hipmi,"terangnya.

Agusmudi juga mengajak untuk berkolaborasi membuat area palayanan exelent kepada penumpang VIP seperti memberikan service valet parkir dan porter (concierge express) di gedung ex VIP dengan memberikan pelayanan cuci kendaraan, jasa cek in dan bagasi.

“Sekarang yang diperlukan adalah kolaborasi, terkait biaya kita akan berikan relaksasi. Karena  memang kita tahu kondisi ekonomi terpuruk serta pandemi yang belum berakhir," pungkasnya.

Di akhir pertemuan, pihak Angkasa Pura mengajak Hipmi Pangkalpinang untuk survey ke Bandara Depati Amir guna melihat space mana yang potensial untuk dikelola bersama. (BBR)


Penulis : Faisal

Editor   : Kasmir