Jalin Sinergitas, HNSI Bangka Silaturahmi dengan Kasatpolair Polres Bangka

Irwan
Jalin Sinergitas, HNSI Bangka Silaturahmi dengan Kasatpolair Polres Bangka

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Untuk mempererat jalinan tali silaturahmi sekaligus sebagai bentuk kedekatan antara polisi, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Lukman melakukan pertemuan dengan Kasatpolair Polres Bangka, AKP Yanto di Warung CM, Sungailiat, Kamis (18/2/2021).

Kasatpolair Polres Bangka yang didampingi oleh Kanit Gakum Polres Bangka, Agus Indra mengatakan bahwa apa yang dilakukan tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama yang baik dalam bentuk apapun kegiatannya.

Ditegaskannya jika hubungan antara pihaknya dan HNSI tidak bisa dipisahkan karena sama-sama mengurusi di bidang perairan.

"Kami harus saling memberikan dukungan satu sama lainnya, apalagi jika sudah bicara terkait dengan program dari pemerintah pusat sampai daerah untuk kepentingan para nelayan dan masyarakat pesisir. Disinilah kita harus selalu bisa bersinergi agar semua program dan kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang telah di rencanakan," imbuhnya.

Kemudian ia pada kesempatan tersebut memberikan penekanan kepada nelayan agar berhati-hati saat melaut karena cuaca sangat tidak mendukung.

Ditegaskan agar nelayan membaca dan mengetahui tentang keselamatan di perairan.

"Setelah berkomunikasi dengan ketua HNSI tadi, ke depan kami ada rencana kerja cukup besar yang akan dikerjakan bersama. Nantinya kita mungkin saja akan lakukan program Jumat Barokah keliling di setiap Masjid yang ada di pesisir. Mudah mudahan saja apa yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan lancar," paparnya.

Sementara itu, Ketua HNSI Bangka, Lukman sangat mengapresiasi kepada Kasatpolair Polres Bangka yang telah siap bersinergi dengan HNSI.

Sehingga hal itu diharapkan dapat seiring dan sejalan menjalankan semua program khususnya untuk kepentingan para nelayan.

"Nantinya dari pihak Polair Polres Bangka bisa memberikan pendampingan dan pemahaman mengenai keamanan saat melaut. Selain itu juga untuk menjaga ketertiban dan keamanan yang ada di lingkungan pesisir," katanya.

Dengan adanya silaturahmi ini diharapkan hubungan baik antara Polri dan elemen masyarakat sehingga dapat menyerap aspirasi dan menekan potensi gangguan keamanan dan ketertiban.

Terkait dengan adanya laka laut yang menimpa Nelayan asal Kelurahan Matras, Lukman mengimbau kepada nelayan supaya untuk mempersiapkan alat keselamatan sebelum pergi melaut.

"Kami inginkan setiap nelayan wajib mempunyai kartu nelayan dan asuransi yang nantinya bisa dijadikan jaminan bila terjadi musibah. Ke depan dari HNSI akan membuat suatu wadah yang berbentuk koperasi nelayan, sehingga melalui koperasi itulah para nelayan bisa untuk mengakomodir semua kebutuhan para nelayan. Satu lagi yang ingin saya sampaikan adalah dari pertemuan silaturahmi ini semata mata bertujuan untuk menjalin hubungan yang lebih baik dan bisa menjalankan program bersama-sama," tukasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan