Jamaah Muslim Bergerak, Bagikan Takjil Hingga Buka Dapur Umum

Ahada
Jamaah Muslim Bergerak, Bagikan Takjil Hingga Buka Dapur Umum
Jama'ah Tabligh atau  Jama'ah Da'wah ini bergerak dengan cara bergotong-royong  membuka dapur umum serta mengumpulkan donasi diantara mereka serta memasaknya, selanjutnya dibagikan kepada masyarakat untuk berbuka puasa. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELRWVIEW.CO.ID -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak Ramadhan telah menghimbau agar Masjid dan Mushollah membantu masyarakat miskin, khusus nya yang  terkena dampak Covid-19.

Ternyata himbauan ini telah ditanggapi beberapa Masjid dan Mushollah dengan melakukan Aksi Cepat Tanggap. 

Seperti yang dilakukan Pengurus Masjid Annur Jalan Mentok Pangkalpinang.

Gerakan yang dimotori Jama'ah Tabligh atau  Jama'ah Da'wah ini bergerak dengan cara bergotong-royong  membuka dapur umum serta mengumpulkan donasi diantara mereka serta memasaknya. 

Selanjutnya masakan  itu dibagikan kepada masyarakat dan juga Pondok Pesantren di sekitar  Kota Pangkalpinang setiap sore sebelum waktu berbuka tiba. 

Tak kurang dari 200 hingga 400 kotak yang mereka bagikan setiap harinya.

Hal yang sama juga dilakukan Front Pembela Islam (FPI), Majlis Al Istirham, Masjid Baitul Hikmah Kacang Pedang dan KITA MART. 

Setiap hari, para jama'ah ini terus bergerak membagikan takjil kepada masyarakat, dan gerakan berbagi ini akan dilakukan  hingga  Ramadhan berakhir.

"Kami melihat  gerakan cepat dari aksi cepat tanggap Bangka Belitung (ACT BABEL) yang terus mendata masyarakat miskin dan bergerak membagikan Sembako, Masker, dan lain-lain.  DMI BABEL aangat apresiasi sekali dengan gerakan ini membantu saudara-saudara kita yang betul-betul terkena dampak Covid-19 ini," ungkap Ketua DPW Dewan Masjid Indonesia Kepulauan Bangka Belitung H Muhammad Rasyid Ridho, SAg, Minggu (3/5/2020).

Selain apa yang telah di lakukan itu, DMI BABEL pun mengajak pengurus DKM agar tetap siaga sanitasi di Masjid-Masjid maupun di Musholah dengan membagikan cairan disinfectan sebagai gerakan Masjid Bersih, membuka dapur umum dan membentuk Panitia Amil Zakat  di setiap Masjid dan Mushollah.

"Insya Allah kalau kita bergerak dan peduli antar sesama, semua akan merasa tenang, nyaman dan khusyuk melaksanakan ibdah puasa di Bulan Ramadhan 1441 H ini. Dan semoga Virus Covid-19 ini segera berlalu," harap Rasyid Ridho. (BBR)
Laporan: Kulul Sari