JCA Jumat Sedekah Perluas Kunjungan Hingga ke Kecamatan Air Gegas

kasmirudin
JCA Jumat Sedekah Perluas Kunjungan Hingga ke Kecamatan Air Gegas
Owner JCA Simpang Rimba, Juanda saat mengunjung Ibu Manisah yang sedang terbaring lemah di Desa Sidoharjo Kecamatan Air Gegas dalam program JCA Jumat Sedekah, Jumat (8/3/2019). (foto:Juanda)

AIR GEGAS.BABELREVIEW.CO.ID -- Kegiatan rutin Juanda Central Anugrah (JCA) Simpang Rimba di program JCA Jumat Sedekah yang ke 160 rumah, Jumat (8/3/2019).  Pada kesempatan kali ini JCA mengunjungi beberapa warga yang ada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Owner JCA Simpang Rimba, Juanda mengatakan, ini pertama kalinya sahabat JCA melakukan kunjungan ke Kecamatan Air Gegas khususnya Desa Sidoharjo, yang sebelumnya dilakukan di Kecamatan Simpang rimba dan Pulau Besar.

Salah satunya warga yang dikunjungi yakni Ibu Manisah. Saat  sahabat JCA mengunjungi rumah Ibu Manisah, ia sedang terbaring di ranjang yang beralaskan tikar di ruang tamunya.

Ibu Manisah mengatakan, penyakit gula darah yang ia alami sudah sejak dua bulan yang lalu.

“Saya di rumah tinggal bersama suami dan cucu, yang sekarang duduk di bangku Sekolah Dasar. Saat ini saya hanya bisa baring dan duduk. Dulu badan saya ini masih bugar dan kini tinggal tulang,” kata Manisah, sembari mengusap air matanya.

Selama sakit Ibu Manisah tidak bisa melakukan aktivitas sendirian. Jika suaminya sudah berangkat kerja dan cucunya berangkat ke sekolah, Ibu Manisah hanya seorang diri di rumahnya, jika mau buang air besar atau buang air kecil terpaksa dilakukan di pembaringan itu. Dirinya sudah tak mampu lagi untuk berdiri dan berjalan sendirian tanpa ada yang menuntunnya, karena penyakit gula darah yang dideritanya sudah menggerogoti kakinya.

Sementara suami Ibu Manisah, Pak Yatin, bekerja sebagai petani yang penghasilannya tidak menentu, hanya cukup untuk makan. Untuk pengobatan Ibu Manisah, sering dibantu oleh warga setempat.

Pagi-pagi sebelum berangkat kerja Pak Yatin harus menyiapkan makanan untuk istri dan cucunya, serta mengerjakan semua pekerjaan rumah, dari memasak, mencuci piring, mencuci baju hingga membereskan rumah. Pekerjaan itu rutin dikerjakan setiap harinya dengan rasa penuh kesabaran dan keikhlasan.

Semoga dengan sedikit kisah Ibu Manisah dan Pak Yatin ini, bisa kita ambil hikmahnya. Bahwa, setiap kehidupan pasti ada ujian, Allah akan menaikkan derajat hamba-Nya bagi orang-orang yang bersabar dan ikhlas ketika sedang dilanda derita serta keterhimpitan ekonomi.

“Allah tak akan memberi ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya. Karena itu, jangan sampai kita berkecil hati. Kita harus terus bersabar dan tidak putus asa. Dengan pertolongan Allah SWT, pada akhirnya semua akan indah pada waktunya,” ujar Juanda.

Juanda mengucapkan terima kasih kepada sahabat JCA yang sudah mau berbagi. Semoga dengan hadirnya program JCA dapat memberikan manfaat bagi warga yang membutuhkan.

 “Terima kasih kepada sahabat dan relawan JCA Desa Sidoharjo, Asih dan Murniati dan Hamba-hamba Allah yang telah ikut berbagi dan berpartisipasi di program JCA, semoga Allah membalas semua kebaikan sahabat di dunia dan akhirat, amin,” ucapnya.  

Untuk sahabat yang mau ikut berbagi dan berpartisipasi di program-program JCA, bisa kunjungi langsung JCA yang beralamat di Desa Simpang Rimba, sebelah Polsek Simpang Rimba Kecamatan Simpang Rimba, Bangka Selatan, atau transfer ke rek BRI 576701006321538 dan rek Bank Sumselbabel 1890102142 an Juanda atau Wa 082183589892. (BBR)


Penulis  : Juanda (CJ)                                                            
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review