Jelang Lebaran, Penjual Kue Menjamur di Pasar Sungailiat

Irwan
Jelang Lebaran, Penjual Kue Menjamur di Pasar Sungailiat

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID — Beberapa hari terakhir penjual kue lebaran mulai ramai di kawasan pasar induk sungailiat. Sejumlah penjual kue dadakan maupun di pertokoan yang berada di sisi jalan pasar bawah tampak memajang dagangannya dengan berbagai jenis kue tradisional, kue kekinian, dan aneka makanan camilan khas Bangka, sehingga cukup menarik konsumen maupun masyarakat yang sedang berbelanja di pasar itu.

Ando, salah satu penjual kue lebaran kepada media ini mengaku 10 hari menjelang lebaran sudah berjualan di tempat ini untuk meraih omset dengan menyediakan aneka kue tradisional, kue kekinian hingga makanan khas bangka, seperti getas, kempelang, dan lainnya. Kebanyakan produk camilan ini adalah titipan dari produsen yang terutama berasal dari Kota Sungailiat dan sekitarnya.

“Kami menyediakan kue tradisional, seperti kue semprong, kue bolu, dan kerupuk bangka yang cukup laris terjual. Kue khas bangka tempo dulu seperti kue semprong  ini ternyata cukup diminati konsumen karena rasanya yang enak dan gurih. Begitu pula dengan camilan khas Bangka seperti getas juga cukup banyak terjual. Kami perkirakan H-5 lebaran pembeli akan semakin ramai sehingga produk kue lebaran ini akan cepat terjual,” ungkap Ando kepada Babelreview, Minggu (9/5/2021).

Ia mengatakan, pembeli kue lebaran tahun ini lebih ramai 30 persen dibandung momen yang sama pada tahun lalu seiring dengan naiknya harga komoditi rakyat sehingga produk kuenya yang tersedia sebanyak 10 jenis kue dipasang dengan harga bervariasi mulai Rp 20.000 perhingga Rp 60.000 pack.

Mengisi waktu kata Ando, menjelang lebaran dengan menyapa konsumen di kawasan Pasar Sungailiat ini cukup menyenangkan karena momen lebaran ini tentunya akan mempu menarik masyarakat untuk datang berbelanja berbagai keperluan, termasuk tradisi masyarakat untuk membeli kue lebaran sehingga kesempatan ini tidak dilewatkannya untuk meraih pembeli. 

“Kami cuma ambil keuntunngan 20 persen dari harga jual dari aneka kue titipan orang  ini dan kalau sehari penjualan cukup lumayan dengan stok yang cukup banyak pula agar lebih banyak produk kue ini bisa terjual sehingga bisa menambah penghasilan di momen lebaran Idul Fitri tahun ini,” katanya.

Laporan: Pras

Editor: Irwan