Jelang Ramadhan, Saka Bahari Babel Ciptakan Paket Wisata Ngabuburit dan Bukber di Kepulauan Pongok

Kasmirudin
Jelang Ramadhan, Saka Bahari Babel Ciptakan Paket Wisata Ngabuburit dan Bukber di Kepulauan Pongok
Pramuka Saka Bahari binaan Pangkalan TNI AL Bangka Belitung dalam rangkaian kegiatan Seascout Explore, merangkul Komunitas Pemuda Kepulauan Pongok dan berhasil menciptakan paket wisata berbasis kearifan lokal di Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. (Ist)

PONGOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Pramuka Saka Bahari binaan Pangkalan TNI AL Bangka Belitung dalam rangkaian kegiatan Seascout Explore, merangkul Komunitas Pemuda Kepulauan Pongok dan berhasil menciptakan paket wisata berbasis kearifan lokal di Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.

Jalan-jalan menjelang berbuka puasa atau yang akrab disebut ngabuburit dan buka puasa bersama, menjadi salah satu ide awal yang dibawa oleh para Pramuka Saka Bahari dalam kegiatan selama tiga hari di Kepulauan Pongok.

Oleh Komunitas Pemuda Pongok ide ini, mendapat sambutan baik dan menjadi sebuah tantangan. Melalui diskusi dan kajian bersama, maka terciptalah paket wisata ngabuburit dan buka puasa bersama di atas perahu bagan  di Kepulauan Pongok.

Paket wisata ini akan dikelola oleh Komunitas Pemuda Pongok, dan bisa dinikmati semua lapisan masyarakat.

Sella, Ketua Dewan Saka Bahari Putri mengharapkan, paket wisata yang sudah diciptakan dan sudah diuji coba ini dapat juga dinikmati komunitas-komunitas lainnya.

“Ini seru loh, ngabuburit dengan kapal bagan di atas air laut sambil menunggu berbuka puasa,  penuh pemandangan dan penuh spot untuk foto-foto, dan belum pernah ada yang seperti ini,” ujarnya.

Winda Lestari, pengurus Komunitas Pemuda Pongok menyampaikan, bahwa menu berbuka puasa yang ditawarkan adalah makanan khas Kepulauan Pongok seperti Bubur Tembok, Kue Brongko, Kue Tumpik, Kue Sengkulun,  dan lainnya, tentu saja di lengkapi dengan kurma,  buah-buahan dan minuman segar, bisa juga sesuai pesanan.

“Harapan kami paket wisata ngabuburit dan buka puasa di atas perahu bagan ini, bisa menjadi penarik wisatawan ke daerah kami. Ini bisa menjadi usaha produktif bagi pemuda dan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di sini,” kata Winda. (BBR)


Penulis : Kasmir/*

Editor   : Kasmir