Jelang Waisak, Muda Mudi Umat Budha Bersihkan Makam Pahlawan

kasmirudin
Jelang Waisak, Muda Mudi Umat Budha Bersihkan Makam Pahlawan
BERSIHKAN MAKAM - Puluhan muda-mudi umat Budha di Sungailiat melakukan bakti sosial membersihkan komplek makam pahlawan, Minggu (20/05/2018).(foto:Irwan)

SUNGAILIAT, BABEL REVIEW -- Menyongsong Hari Raya Waisak yang jatuh pada 29 Juni mendatang, Minggu pagi (20/5) puluhan muda-mudi umat Budha di Sungailiat melakukan bakti sosial membersihkan komplek makam pahlawan. Mulai dari pukul 07.00 WIB mereka sudah siap dengan perlengkapan kebersihan dan berbagi tugas.

Ketua Seksi Kerohanian Yayasan Bangka Jaya Lestari (Puri Tri Agung) Herianto Liudra mengatakan, kegiatan membersihkan makam sebagai wujud rasa cinta kasih dan penghormatan umat Budha kepada para pahlawan di Kabupaten Bangka.

Dalam pelaksanaannya, pemuka umat Budha melibatkan muda-mudi untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda. Mereka juga diajak untuk merenungkan, menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur.

“Setiap tahun dalam memperingati Waisak kami mengadakan bakti sosial bersih makam. Jadi dari masing-masing Vihara di Sungailiat mengirim perwakilan lima sampai sepuluh umat untuk ikut bersih makam. Kami tidak mengerahkan masa dalam jumlah yang banyak karena ini aset pemerintah daerah,” katanya.

Herianto menyebutkan kegiatan ini dipilih karena sejalan dengan ajaran Budha untuk menghormati para leluhur dan selalu menghargai jasanya. Setelah membersihkan makam pahlawan, para muda mudi juga melakukan tabur bunga di pusara makam.

Selain di Sungailiat, kegiatan bakti sosial membersihkan komplek makam pahlawan juga dilakukan di Kota Pangkalpinang dan Belitung. Dikatakan Herianto, kegiatan tersebut masih dalam rangkaian acara Harmoni Serumpun Sebalai Tri Suci Waisak 2562 BE di Bangka Belitung.

Sebelumnya telah dilaksanakan sejumlah serangkaian kegiatan, seperti pengambilan api dharma di Kelenteng Fuk Tet Che, pengambilan air suci di Fathin San, ngedulang Waisak di Puri Tri Agung dan kegiatan di Kota Kapur yakni bakti sosial, perenungan Waisak dan Fangsen. Acara puncak Dharmasanti Waisak akan dilaksanakan di Belitung pada 7 Juni mendatang. (BBR)


Penulis :Irwan
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview