Jika Ada Pungutan Uang di Sekolah, Silahkan Lapor!

kasmirudin
Jika Ada Pungutan Uang di Sekolah, Silahkan Lapor!
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi. (Foto: Gusti Randa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi memberitahukan kepada seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kota Pangkalpinang, untuk tidak memungut biaya seperti uang pembangunan kepada orangtua siswa.

Ia mengatakan, selama tahun ajaran baru 2020, Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang menjamin tidak ada pungutan uang sekolah kepada orang tua siswa.

"Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang menjamin tidak ada pungutan uang sekolah kepada orangtua siswa. Karena kita sudah menyurati seluruh sekolah baik SD dan SMP, agar tidak ada pungutan uang di tahun ajaran baru ini," kata Eddy, Selasa (21/7/2020).

Ia mengatakan, apabila ada masyarakat yang mengalami dipungut uang di sekolah, silakan laporkan permasalahan tersebut kepada Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang.

"Jika ada orangtua siswa yang dipungut uang sekolah, laporkan kepada kita. Nanti kalau memang terbukti, tidak segan-segan beri surat peringatan bahkan sanksi tegas akan diberikan kepada sekolah yang memaksa untuk pungutan tersebut," tegasnya.

Terkait beredarnya pemberitaan pungutan di salah satu SMP, Eddy mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatkan uang pungutan itu sudah dikembalikan.

"Kami belum menerima informasi, karena belum dilaporkan. Kita juga ingin dari sekolah itu berapa kebutuhan tentang konsekuensi apabalia ada penambahan ruang kelas," ujarnya.

Eddy juga menuturkan, pihaknya juga sudah memanggil kepala sekolah untuk tidak melakukan pungutan di sekolah.

"Tidak ada pungutan apapun, kalau mau menyumbang silakan saja bagi orang mampu. Tapi kalau dia tidak mampu jangan dipaksakan, bukan menjadi suatu keharusan," ujarnya. (BBR)


Penulis : Gusti Randa

Editor   : Kasmir

Sumber : Babel Review