Jubir GTPPC-19 Babel Pastikan Alat PCR tidak Rusak, Ini Penjelasannya

kasmirudin
Jubir GTPPC-19 Babel Pastikan Alat PCR tidak Rusak, Ini Penjelasannya
Andi Budi Prayitno. (Foto: Dok)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Kabar rusaknya alat pemeriksaan Swab, PCR yang ada di Klinik Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dibantah oleh juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno.

Ia menjelaskan, alat tersebut tidak rusak seperti kabar yang beredar. Hanya saja untuk sementara waktu ini tidak difungsikan terlebih dahulu. Hal ini lantaran alat tersebut tengah proses pemindahan ke Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Babel, dengan penempatan di ruangan khusus seperti kriteria dan persyaratan dari Kementerian Kesehatan.

"Terkait PCR, alat saat ini tengah dalam proses pemindahan ke Gedung Balai Labkesda Babel, yang sebelumnya di renovasi. Agar sesuai dengan standar ketentuan dan persyaratan dari Kemenkes," katanya kepada awak media, Sabtu (16/5/2020).

Andi menyebutkan, gedung standar yang dimaksudkan yakni harus memiliki tempat yang layak seperti ruangan dengan tekanan negatif dan faktor keamanan lainnya, seperti ada ruang dekontaminasi, ruang proses kotor, ruang ekstraksi, ruang bersih, ruang administrasi dan managerialnya," jelas Andi.

Menurutnya, ruangan dengan tekanan negatif ini sangat penting, karena di ruangan tersebut virus tidak akan bisa keluar. Sehingga tidak berdampak negatif kepada orang lain.

"Ini erat kaitannya dengan keselamatan, baik orang yang menguji dan lingkungan sekitar," pungkas Andi. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir