Jumlah Pemilih Berkurang, KPUD Bateng: Banyak yang Pindah Tempat Memilih

kasmirudin
Jumlah Pemilih Berkurang, KPUD Bateng: Banyak yang Pindah Tempat Memilih
ilustrasi

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam rapat pleno penentuan daftar pemilih tahap pertama yang diselenggarakan oleh KPUD Kabupaten Bangka Tengah terkait daftar pemilih yang semula telah ditetapkan secara Nasional pada tanggal 15 Desember 2018 berjumlah 122.140 jiwa, berkurang menjadi 122.046 jiwa dalam daftar tambahan.

Saat dikonfirmasi babelreview.co.id, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPUD Kabupaten Bangka Tengah, M Panjitiana mengatakan, data yang telah ditetapkan secara Nasional pada 15 Desember 2018 lalu untuk Bangka Tengah yakni 122.130 jiwa, setelah melalui tahapan pertama daftar pemilih tambahan (DPTb) menjadi 122.046 jiwa.

"Dalam tahap pertama DPTb ini terjadi pengurangan 84 pemilih. Sehingga bisa disimpulkan, ada beberapa warga Bangka Tengah yang memilih keluar Bangka Tengah,” ujar Panjitiana, Selasa (19/2/2019).

Namun Panji menuturkan, kalau KPU Bateng akan tetap menjalankan penerimaan pemilih yang mau pindah memilih pada DPTb tahap ke 2 hingga 3 Maret 2019, dengan catatan pemilih yang mau pindah memilih karena alasan tertentu harus melapor ke PPS Desa Kelurahan atau langsung datang ke KPU Kabupaten Bangka Tengah.

"DPTb inikan daftar pemilih tambahan yang telah terdaftar dalam DPT dan di TPS tempat ia memilih, karena keadaan tertentu atau kondisi tertentu membuat pemilih tidak dapat menggunakan haknya memilih di TPS yang terdaftar. Namun, bisa memberikan suara di TPS lain," jelasnya.

Ia menambahkan, selain alasan pindah, dalam PKPU Nomor 37 tahun 2018 pasal 36 ayat (3) keadaan tertentu dan kondisi tertentu yang meliputi menjalankan tugas pada saat pemungutan suara, menjalani rawat inap atau puskesmas, dan keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas di panti sosial/panti, menjalani rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan serta bekerja di luar domisili.

"Banyak alasan yang membuat adanya pengurangan daftar pemilih di Bateng. Memang kenyataan seperti ini, namun seluruh jajaran KPUD Bateng akan tetap berupaya keras untuk semaksimal mungkin menyempurnakan data pemilih,” tutup. (BBR)


Penulis  : Faisal                                     
Editor    : Kasmir 
Sumber  :Babel Review