Jumlah Penduduk Terbanyak Kedua, Basel Justru Punya Data Masyarakat Miskin Paling Sedikit se - Babel

kasmirudin
Jumlah Penduduk Terbanyak Kedua, Basel Justru Punya Data Masyarakat Miskin Paling Sedikit se - Babel
Anggota DPRD Bangka Belitung melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (22/4/2020). (Foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Anggota DPRD Bangka Belitung (Babel), Rina Tarol mempertanyakan kinerja Dinas Sosial Pemkab Bangka Selatan (Basel) yang dinilai kurang update dalam pendataan warga miskin di kabupaten itu.

Pasalnya, berdasarkan data yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Babel, hanya 8.179 warga miskin yang terdata di Basel. sedangkan Basel sendiri menempati urutan kedua di Babel, dengan jumlah penduduk paling banyak.

"Masa Bangka Selatan hanya punya data segitu, kalau memang benar ya patut kita syukuri. Tetapi jika angka segitu dikarenakan Dinas Sosial yang tidak update, ya tentu saja kerugian bagi masyarakat kita. Karena tidak mendapat bantuan, " katanya, Rabu (24/4/2020).

Menurutnya, Dinas Sosial seharusnya turun ke lapangan untuk melihat dan mendata langsung masyarakat yang tidak mampu.

Delapan Kementerian, sambungnya siap memberikan bantuan terkait dampak Covid-19. Jangan sampai Basel tidak kebagian, karena banyak yang tidak terdata

"Jika dibanding dengan daerah lain, data masyarakat yang kurang mampu di Basel jauh lebih rendah dari Kabupaten Beltim sekali pun, " pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Basel Dr.Drs.H.Justiar Noer ST, MM, MSi mengatakan akan memerintahkan Dinas Sosial untuk mendata lagi masyarakat yang kurang mampu dan terkena dampak Covid-19.

"Ini ada bantuan dari pusat, segera data masyarakat tersebut. Agar terbantu oleh pemerintah pusat," tutupnya. (BBR)


Penulis : Andre

Editor   : Kasmir