Kabar Baik, Kabupaten Bangka Sudah Kembali Ke Zona Hijau Covid-19

Ibnuwasisto
Kabar Baik, Kabupaten Bangka Sudah Kembali Ke Zona Hijau Covid-19
Boy Yandra, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan GTPP Covid-19 Pemkab Bangka. (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan GTPP Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra menyampaikan jika saat ini seleuruh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka sudah dinyatakan sembuh.

Boy Yandra menerangkan dimana perawatan terakhir ialah nomor 384 inisial AA (18) cluster Temboro. Pasien sebelumnya melakukan isolasi mandiri pada tanggal 21 April dan kemudian pada tanggal 19 Mei dilakukan karantina di Gedung Diklat Provinsi. Dan pada 21 Mei hasil swab AA dinyatakan negatif, kemudian dilakukan swab kedua pada tanggal 2 Juni dan pada tanggal 7 Juni hasilnya dinyatakan positif.

"Setelah dilakukan pemeriksaan kembali, pada tanggal 29 Juni dan hasilnya dinyatakan negatif. Dan data Covid-19 di Kabupaten Bangka saat ini ODP 270 dan sudah melakukan pemantau 263 orang, PDP 43 orang dan 41 orang sudah melakukan perawatan, OTG 722 orang dan dan sudah melakukan pemantauan 580 orang. Positif 57 orang dan semuanya sudah dinyatakan sembuh, maka Kabupaten Bangka sudah bisa dinyatakan masuk dalam zona hijau," tegasnya, Selasa (30/6/2020).

Upaya yang masih dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka adalah dengan secara masif melakukan pemeriksaan swab dan rapid test. Kegiatan itu terlaksana atas kerjasama dengan PT. Timah Tbk, RSUD Depati Bahrain, RS Eko Maulana Ali, RS Safri Rahman dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Bangka.

"Pada tanggal 2 Juli nanti kami akan lakukan rapid test masal di Kecamatan Riau Silip dan 9 Juli di Kecamatan Mendo Barat. Jadi di semua kecamatan sudah dilakukan rapid test masal. Ini kami lakukan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 itu," ujarnya.

Kemudian upaya yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Bangka, terus melakukan sosialisasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 baik di Warkop, pasar, simpang lampu merah, perkantoran dan tempat rekreasi lainnya.

"Saya menghimbau kepada masyarakat harus selalu menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir, minum vitamin dan jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bergizi," tutup Boy Yandra.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review