Kabar Pantai Batu Bedaun Tercemar Tumpahan Oli, Ternyata Faktanya Seperti Ini

kasmirudin
Kabar Pantai Batu Bedaun Tercemar Tumpahan Oli, Ternyata Faktanya Seperti Ini
Kondisi Pantai Batu Bedaun Sungailiat terlihat bersih, tidak ada bekas tumpahan oli seperti yang beredar di media sosial, Rabu (11/7/2018).(foto:Irwan)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW -- Dalam sepekan terakhir beredar foto-foto kondisi Pantai Batu Bedaun tercemar oli, ternyata faktanya tidak demikian.

Babel Review (BBR) mendatangi lokasi untuk mengecek langsung kabar tersebut, Rabu (11/7/2018.) 
Sesampai di Pantai Batu Bedaun tak ada sedikit pun tumpahan oli di bibir pantai.

Bahkan BBR coba menelusuri keberadaan oli tersebut dari Pantai Batu Bedaun hingga Pantai Indah Batu Bedaun, namun kondisi pantai tak seperti yang dikabarkan di media sosial. Pantai tampak bersih, tak ada sedikit pun sisa-sisa oli yang mencemari pantai. Pantai tersebut terlihat bersih, tidak seperti yang tersiar selama ini, sudah tercemar tumpahan oli.

Kelly, pemilik cafe di Pantai Indah Batu Bedaun mengatakan, setahu dirinya selama ini tidak pernah ada tumpahan oli yang mencemari pasir pantai. Bahkan pengunjung pantai terutama saat akhir pekan banyak yang bermain-main di bibir pantai, tidak ada yang mengeluhkan pencemaran oli.

“Mungkin ada individu atau pihak yang tidak senang atau hanya ingin meresahkan masyarakat,” katanya.

Salah satu pelayan cafe mengaku pernah melihat postingan foto-foto pantai yang dicemari oli yang menyebut bahwa itu di Pantai Batu Bedaun. Namun, ia menjamin bahwa itu kabar yang tidak benar alias hoax. Karena ia yang setiap hari bekerja di cafe yang berjarak hanya beberapa meter dari sisi pantai mengaku tidak pernah melihat ada oli atau sejenis minyak berwarna hitam mencemari pantai.

“Saya juga pernah lihat foto-foto itu bang di Facebook, tapi kabar itu tidak benar. Tidak pernah ada keluhan pengunjung banyak oli di bawah,” akunya.

Kabar hoax tersebut tentunya dapat merugikan pengelola pantai dan pelaku usaha di Pantai Batu Bedaun. Padahal kini pantai tersebut sedang berbenah dan ada pengusaha yang berinvestasi membangun akomodasi, cafe dan fasilitas lainnya, agar pantai yang sudah lama terlupakan kini memiliki daya tarik kembali. (BBR)


Penulis : Irwan
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview