Kabupaten Bangka Kembali Tambah Satu Pasien Covid-19

Irwan
Kabupaten Bangka Kembali Tambah Satu Pasien Covid-19
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan GTPP Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra. Foto: Ibnu

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID – Kabupaten Bangka melalui Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra kembali menyampaikan adanya penambahan satu kasus positif Covid-19 dengan inisial LA (23) warga Sungailiat.

LA mempunyai riwayat kontak dengan A dengan status transmisi imported case, dan saat ini orang yang bersangkutan sudah di karantina di Wisma Karantina Provinsi Bangka Belitung.

Boy Yandra menegaskan, upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka mentracking, treatment dan treasing orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien LA.

Bagi masyarakat yang pernah kontak dengan LA untuk segera melapor ke RT atau Puskesmas terdekat.

“Jika hal itu dilakukan akan mempermudah dalam memutuskan mata rantai penyebaran dan penularan wabah Covid-19 di tengah-tengah masyarakat. Dan apabila ada orang yang kontak primer maka akan langsung dilakukan pemeriksaan Swab," ujarnya, Jumat (16/10/2020).

Sementara itu, upaya yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Bangka adalah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan disekitar rumah pasien dengan radius 100 meter.

Giat lainnya ialah menggelar razia terhadap orang-orang yang belum memakai masker baik yang berada di perjalanan, tempat wisata maupun warkop.

"Alhamdulillah, setelah 1 bulan dilaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 sudah banyak masyarakat yang telah disiplin menggunakan masker," tegas Boy Yandra.

Sehingga dengan penggunaan masker yang baik dan benar penambahan kasus Covid-19 dapat ditekan seminim mungkin.

"Kami berharap kepada masyarakat selam di luar rumah harus melaksanakan 3M dengan baik dan benar, yang nantinya dapat menekan kasus penyebaran penularan virus corona sekecil mungkin. Dengan begitu Kabupaten Bangka dapat secepatnya kembali ke zona aman atau hijau," tandasnya. (BBR)