Kades Bukit Layang Terima Penghargaan Desa Bersinar dari BNNP Babel

Irwan
Kades Bukit Layang Terima Penghargaan Desa Bersinar dari BNNP Babel
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNNP) Bangka Belitung Brigjen (Pol) Nanang Hadiyanto menyerahkan penghargaan kepada Kades Bukit Layang Andry

BAKAM, BABELREVIEW.CO.ID – Kepala Desa Bukit Layang Andry menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasinao Provinsi (BNNP) Bangka Belitung atas dedikasi dan pengabdian dalam pelaksanaan Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyelahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Penyerahan penghargaan berupa plakat dan sertifikat tersebut diberikan langsung oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNNP) Bangka Belitung Brigjen (Pol) Nanang Hadiyanto di Kantor BNN Kabupaten Bangka, Senin (29/6/2020).

Kepada Babel Review, Kepala Desa Bukit Layang Andry menjelaskan, sejak tahun 2018 Desa Bukit Layang sudah ditetapkan sebagai Desa Bersinar (bersih dari narkoba) dengan membentuk relawan dan pegiat anti narkoba ditingkat desa. Dari sana pihak Pemdes bersama relawan dan pegiat anti narkoba aktif melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkotika, mulai sejak dini di PAUD, SD, SMP hingga para pemuda desa.

“Kita juga melakukan razia di malam hari, mulai dari razia minuman keras, penyalahgunaan lem aibon, itu kita lakukan karena jangan sampai terjerumus ke narkoba,” terang Andry.

Karena aktif ikut membantu melakukan pencegahan, pemberantasan, penyelahgunaan dan peredaran gelap narkotika maka Desa Bukit Layang bersama salah satu desa di Belitung berkesempatan menjadi wakil dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk ikut penilaian Desa Bersinar di tingkat nasional.

“Walaupun tidak menjadi juara 1 namun kita tetap diberi penghargaan oleh BNN Provinsi. Karena dalam masa Covid-19 ini yang seharusnya penyerahan dilakukan langsung oleh Gubernur. Walaupun sederhana kata Kepala BNN Provinsi Pak Nanang Hadiyanto tidak mengurangi nilai yang diberikan,” ujarnya.

“Harapannya kami kedepan kalau bisa mendapatkan minimal tiga besar di tingkat nasional karena dengan harumnya nama Desa Bukit Layang yang bersih dari narkoba dapat menjadi contoh provinsi lain, supaya menyelamatkan generasi bangsa ini yang harus sehat, produktif, tanpa narkoba,” harapnya.

Kepala Kantor BNNK Bangka Eka Agustina menjelaskan, Desa Bukit Layang merupakan satu dari dua desa yang ditetapkan sebagai desa bersih dari narkoba (Bersinar). Predikat tersebut merupakan buah dari hasil kerja keras masyarakat maupun perangkat desa yang terang-terangan berjibaku melawan narkoba di lingkungan desa.

Menurut Eka, proses demi proses dilalui oleh pemdes di bantu oleh masyarakat lewat sejumlah kegiatan positif yang dilaksanakan sehingga berhasil menekan angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Desa Bukit Layang. (BBR)