Kades Payabenua Prihatin Belum Bisa Cairkan Dana Desa Untuk Bantu Warga

Ahada
Kades Payabenua Prihatin Belum Bisa Cairkan Dana Desa Untuk Bantu Warga
Kades Payabenua Mahzuni. (Ist)

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID--Kades Payabenua Mahzuni mengaku prihatin dan sedih karena hingga saat ini pemdes setempat belum bisa memberikan bantuan kepada warganya yang terdampak wabah Covid-19.

Menurut Mahzuni, semestinya pemdes bisa memberikan bantuan dalam bentuk BLT dengan menggunakan dana desa.

"Tapi karena masih ada permasalahan yang belum begitu jelas, jadi belum bisa kita gunakan dana desa untuk bantu masyarakat kita," ujar Mahzuni dihubungi BBR, Jumat (01/05/2020).

Mahzuni berharap agar aturan yang membolehkan dana desa untuk membiayai bantuan ke masyarakat desa bisa diproses secepatnya.

"Kasihan masyarakat kita kalau tidak kita bantu," imbuh Mahzuni.

Terpisah Kepala Dinsospemdes Kabupaten Bangka, Thony Marza, mengatakan, penggunaan dana desa untuk membantu warga desa terdampak Covid-19 di Kabupaten Bangka kemungkinan  sudah bisa dilakukan mulai minggu depan.

"Selama ini memang berbenturan dengan aturan. Tapi hasil rapat tadi, Insya Allah sudah boleh  digunakan. Tadi kita sudah melakukan sinkronisasi dengan dinas terkait tentang bagaimana bentuk dan teknis penyalurannya," jelas Thony.

Dikatakan Thony, informasi tersebut sekaligus menjadi kabar gembira bagi kades di wilayah Kabupaten Bangka.

"Jadi tak ada lagi yang dirisaukan oleh pak kades. Karena dana desa boleh untuk BLT. Proseduralnya sedang kita ajukan ke Pak Bupati dan Insya Allah cepat disetujui," jelas Thony. (BBR)
Laporan: Ichsan Mokoginta