Kadin Babel Gelar Musprov ke-IV, Anindya Bakrie : Kita Berharap Ini Jadi Kebangkitan Ekonomi Babel

Kasmirudin
Kadin Babel Gelar Musprov ke-IV, Anindya Bakrie : Kita Berharap Ini Jadi Kebangkitan Ekonomi Babel
Kadin Provinsi Bangka Belitung menggelar musyawarah provinsi ke-IV yang digelar di Ballroom Fox Hotel Pangkalpinang, Rabu (30/9/2020). (Foto: Diko Subadya)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar musyawarah provinsi (Musprov) ke-IV dengan mengusung tema "Kadin Babel Bersama Bergerak Maju Untuk UMKM Dan Pariwisata di Era Adaptasi Kebiasaan Baru " yang digelar di Ballroom Fox Hotel Pangkalpinang, Rabu (30/9/2020).

Hadir pada acara tersebut Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah Kadin Indonesia,  Anindya Bakrie, serta perwakilan Kadin Indonesia lainnya, Taufik Mustafa dan Ali Said, Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah, anggota DPR RI Bambang Patijaya, anggota DPD RI Alexander, anggota DPD RI Hudarni Rani, Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi, Kapolda Babel, Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat serta Forkopimda di Babel.

Ketua Umum Kadin Babel, Thomas Jusman dalam sambutannya menyampaikan, meski Indonesia bahkan dunia tengah dilanda pandemi Covid-19, dirinya optimis bahwa Bangka Belitung dapat mengatasi kondisi ini.

Untuk itu, menurutnya perlu menyesuaikan diri, seperti sambutan ketua umum beberapa waktu lalu, kata Thomas, setidaknya harus memiliki tiga kebiasaan yakni perilaku adaftif, inovatif dan kreatif agar dapat terus maju.

"Tetapi saya tambahkan dua hal lagi yang perlu dimiliki di masa pandemi ini, yakni kita perlu informatif. Kita perlu mengupdate informasi apalagi di tengah kemajuan teknologi dan arus informasi saat ini dan kedua kita perlu antisipatif, untuk melalui tantangan yang ada," katanya.

Thomas melanjutkan, pelaksanaan Musprov ke-IV ini sesuai dengan amanat Rumah Tangga Kadin Indonesia sebagai jawaban dari dinamika yang berkembang dalam melihat tantangan, menyusun program, mengevaluasi serta memilih pengurus yang baru.

"Tidak berasa lima tahun sudah kami menjabat di Kadin Babel, berbagai aktivitas dan kegiatan telah kami lakukan. Tak hanya pada kegitan ekonomi saja, tapi juga dalam kegiatan-kegiatan sosial, terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini," ungkapnya.

Tambahnya, untuk meningkatkan perekonomian Babel pasca Covid-19 ini, Ia mengajak semua pihak untuk mulai melakukan transformasi ekonomi di beberapa sektor yang berpotensi. Misalnya di sektor pertambangan dengan menerapkan good mining practice. Kemudian mendorong sektor-sektor lainnya seperti pariwisata, pertanian, perkebunan dan juga perikanan.

"Dengan begitu ekonomi akan bergerak, industri kereatif dan pergerakan barang sertan jasa akan maksimal," tuturnya.

Sementara itu, Anindya Bakrie menyampaikan pujiannya atas hubungan baik antara Pemerintah Provinsi Babel dengan Kadin. Hal tersebut dilihatnya dari tamu yang hadir pada pelaksanaan Musprov ke-IV Kadin Babel tahun 2020 ini.

"Saya melihat Babel memiliki potensi yang sangat besar dibandingkan kondisi pandemi Covid-19 ini, karena itu saya ingin hadir disini. Apalagi saya lihat di sini luar biasa ada Pak wagub, ini menandakan jalinan hubungan yang baik antara pemerintah dan Kadin disini. Rasa kebersamaan inilah yang bisa menjadi kunci," katanya saat memberikan sambutan.

Seusai pembukaan Musprov, ditemui awak media, Anindya mengatakan dengan pelaksanaan Musprov ini bukan hanya sekedar pemilihan ketua yang baru saja. Tetapi  juga bisa menjadi awal kebangkitan Babel ke depannya pasca Covid-19.

Meski pendapatan per kapita Provinsi Babel masih rendah, menurutnya justru bukan jadi kelemahan tapi bisa jadi kelebihan pasca Covid-19 ini, dimana semua pihak bisa terpacu untuk bekerja keras.

Pertama Babel sudah harus memikirkan bagaimana meningkatkan industrialisasi pasca tambang. Lalu yang kedua bisa meningkatkan industri akuakultur, maksudnya yakni sektor perikanan dan juga turunannya. Kemudian ketiga, Babel bisa mengembangkan sektor perkebunan dan pertanian, jadi kata kunci yang harus diperjuangkan bagaimana meningkatkan nilai tambah didalam pertumbuhan perekonomian di Babel.

"Kita berharap Babel bisa kembali sehat, Covid-19 terjaga dengan baik. Babel bisa bangkit kembali dari sisi perekonomian dan akhirnya tumbuh dengan mengedepankan industri-industri yang lebih baik yang bisa berguna pasca Covid-19," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir