Kadisperindag Bangka Akan Tampung Produk UKM dan IKM di Galeri Rafika Duri

Kasmirudin
Kadisperindag Bangka Akan Tampung Produk UKM dan IKM di Galeri Rafika Duri
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Asep Setiawan. (Foto: Ibnu Wasisto)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Asep Setiawan mengatakan, bahwa jumlah UKM di Kabupaten Bangka sebanyak 34.113 dari 19 sektor. Untuk IKM ada 3.908 dan sebagian kecil produknya di tampung Galeri Rafika Duri.

Hal itu disampaikannya pada saat memberikan sambutan di acara peresmian Kampung Galeri Rafika Duri di Sungailiat, Rabu (3/3/2021).

Produk UKM yang berada di sekitar Sungailiat dan Pemali bisa di tampung di galeri tersebut. Pasalnya, Galeri Rafika Duri selain membangun IKM dan UMKM yang sudah terbina, juga meminta kepada seluruh stakeholder dapat membantu agar usaha tidak mati di tengah tengah kondisi COVID-19.

“Untuk menyiasati kondisi saat ini, maka kami membuat suatu wadah bagi UMKM dan IKM yang diberi nama Galeri Rafika Duri. Di samping juga, untuk merangsang memberi suasana langkah-langkah dengan program Dua Malam di Kampung Cokro yang akan diawali di Pasar Ramadhan," kata Asep Setiawan.

Dia berharap, kepada masyarakat dan lurah untuk mendukung program Kampung Cokro menjadi tempat bernostalgia yang akan dilaksanakan setiap Sabtu malam dan Minggu.

"Itu merupakan rangkaian perencanaan kedepan, yang diharapkan agar usaha yang ada dapat terbina dan tersalurkan seluruh produknya. Di samping mempromosikan di Galeri Rafika Duri juga bisa melalui media on line lainnya," tegasnya.

Menurutnya, meskipun di beberapa Kabupaten Kota mempunyai jenis produk yang sama tetapi yang akan membedakannya adalah dari upaya, daya saing dan cita rasa.

“Kami juga mengharapkan Bupati Bangka untuk bersedia menandatangani prasasti dan sekaligus meresmikan Galeri Rafika Duri," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Ibnu Wasisto

Editor   : Kasmir