Kagama Babel Peduli, Bantu  APD dan Masker untuk Lima Rumah Sakit Rujukan

Ahada
Kagama Babel Peduli, Bantu  APD dan Masker untuk Lima Rumah Sakit Rujukan
Penyerahan bantuan dipimpim Ketua Kagama Babel Warsangka, beserta Tim Kagama Babel Peduli  mengantarkan langsung bantuan APD dan Masker ke beberapa Rumah Sakit Rujukan Penanganan COVID-19, Senin (20/4/2020). (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kagama Babel) memberi  bantuan tahap pertama, berupa  APD, Masker N95 dan Masker Bedah ke beberapa Rumah Sakit Rujukan  di Pulau Bangka. 

Bantuan ini merupakan  bentuk kepedulian dan dukungan Kagama Babel terhadap tenaga medis yang  berada di garda terakhir dalam mengatasi penyebaran  COVID-19 di Negeri Serumpun Sebalai. 

Penyerahan bantuan dipimpim Ketua Kagama Babel Warsangka, beserta Tim Kagama Babel Peduli  mengantarkan langsung bantuan APD dan Masker ke beberapa Rumah Sakit Rujukan Penanganan COVID-19, Senin (20/4/2020).

Secara terpisah bantuan diterima oleh  Direktur RSBT dr Hj Sufiyati, Direktur RSUD Depati Hamzah dr Muhammad Fauzan, dan Direktur RSUD Dr (HC) Ir Soekarno dr H Armayani Rusli, Sp.B, FINACS.

Rencananya  bantuan juga  akan di berikan untuk RSUD Depati Bahrin, Sungailiat dan RSUD  Sejiran Setason Mentok hari Selasa (21/4/2020).

Achmad Albani, Sekretaris Kagama Babel mengatakan bahwa bantuan ini adalah kontribusi dalam penanganan covid-19.

"Total bantuan APD yaitu 200 pcs coverall medis, 77 pcs masker N95  dan 250 pcs masker bedah, dan dengan Alumni sekitar 400 orang, kami ingin berkontribusi dalam penanganan COVID-19," ujarnya.

Lebih lanjut Achmad Albani berharap dan menghimbau agar masyarakat Bangka  Belitung mematuhi keputusan Pemerintah untuk mengikuti anjuran social distancing, physical distancing dan tetap berada di rumah.

"Kami juga berharap, masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan keputusan  pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta kesepakatan yang telah dimusyawarahkan oleh ulama dan umaro.  Mulai, hari ini, Senin, 20 April 2020, kami dari Kagama Babel  mengajak masyarakat  pakai masker kain bila terpaksa keluar rumah", imbuhnya.

Direktur RS Bakti Timah, dr Muhammad Fauzan menyambut baik bantuan dari Kagama Babel.

“Terima kasih untuk Kagama Babel atas donasi APD dan masker. Ini sangat berguna bagi kita semua dan melindungi teman-teman kita sebagai garda terakhir," ujar Fauzan saat serah terima bersama Ketua  Kagama Babel di Gedung IGD RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang.

Senada juga disampaikan dr H Armayani Rusli SpB FINACS dalam pertemuan singkat di depan Kantor RSUD  Dr (HC) Ir Soekarno di Air Anyir Bangka.

“Dengan mengucapkan Bismilahirrahmannirrahim, bantuan APD dan Masker dari Kagama Babel kami terima dan dipergunakan dalam penanganan kasus COVID-19. Semoga kasus ini segera selesai dan kehidupan kembali normal," ucapnya.

Bantuan tahap pertama merupakan hasil penggalangan dana  Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada dan masyarakat umum yang dimulai pada tanggal 26 Maret 2020 dan berhasil mengumpulkan dana sebesar 24.200.000 per tanggal 4 April 2020.

Seluruh dana yang terkumpul digunakan untuk membeli peralatan bantuan medis dan telah disalurkan ke Rumah Sakit Rujukan COVID-19.

Sampai saat ini penggalangan dana masih berlangsung  dengan cara transfer ke Bank Syariah Mandiri norek (451) 7117417888 a.n. Kagama Babel.

Untuk penggalangan  dana tahap kedua ini, Kagama Babel akan bekerjasama dengan ACT Babel. (BBR)
Laporan: Kulul Sari