Kakwarda Melati Erzaldi Buka Pelatihan "Melati Tuk Ketapang"

kasmirudin
Kakwarda Melati Erzaldi Buka Pelatihan
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi. (Foto: Saktio)

MERAWANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi membuka Training Of Trainer (TOT) atau pelatihan "Melati tuk Ketapang (Memanfaatkan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan)" di Bumi Perkemahan Kwarda Babel, Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Sabtu (11/7/20) pagi.

Pelatihan yang diikuti oleh 10 Pembina Pramuka Kwartir Cabang Pulau Bangka ini, merupakan program pemberdayaan pramuka dan masyarakat, dalam mempersiapkan ketahanan pangan bagi keluarga dan masyarakat.

Dalam arahannya saat pembukaan pelatihan "Melati Tuk Ketapang", Melati mengharapkan anggota pramuka sebagai pandu harus mampu menjadi sebagai penunjuk arah dan menjadi contoh bagi yang lain.

Khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini, pramuka harus menjadi contoh bagi masyarakat untuk benar-benar melaksanakan protokol kesehatan.

Ke depan, pada masa new normal yang diprediksi akan terjadi krisis pangan di tengah-tengah masyarakat, pramuka menjadi yang pertama untuk mengantisipasi dan mengupayakan menjaga ketahanan pangan.

Salah satunya adalah dengan program "Melati Tuk Ketapang" ini. Program ini hadir menjadi solusi untuk mengatasi krisis pangan, karena dalam program ini para peserta akan diajarkan cara menanam dan membudidayakan tanaman umbi-umbian sebagai pengganti beras sebagai makanan pokok, sayur-sayuran serta budikdamper yaitu budi daya ikan di dalam ember.

Melati meminta agar program ini nanti dapat diimplementasikan, diviralkan, dan ditularkan kepada anggota pramuka yang lain serta masyarakat. Kwarda Babel akan terus mengevaluasi lelaksanaannya melalui bina wasa untuk memastikan program ini berjalan dengan baik.

"Saya minta program "Melati Tuk Ketapang" ini diimplementasikan, diviralkan, dan ditularkan kepada yang lain, untuk memenuhi kebutuhan pangan di lingkup keluarga, sebagai upaya menjaga ketahanan pangan," imbuhnya.

Dijelaskannya, dengan program "Melati Tuk Ketapang" ini berarti ada tiga program yang kegiatan sama di Kwarda Babel dalam usahanya menjaga ketahanan pangan. Program lain itu adalah "Demonstration Plot" di bidang bina muda, serta "Smart Eco Garden" di bidang bina usaha.

Pada kegiatan itu juga, Melati menyerahkan secara simbolis "Kit Pelatihan Melati Tuk Ketapang" kepada perwakilan peserta. Juga diserahkan kartu tanda koperasi oleh Ketua Koperasi Berkah Tunas Kelapa Kwarda Babel kepada Kakwarda Melati. Dalam kesempatan ini, Kakwarda Melati juga menyempatkan melihat proses pelatihan.

Ikut dalam pembukaan pelatihan, para wakil ketua, unsur pimpinan, Ketua Koperasi Berkah Tunas Kelapa, ketua pelaksana, pengurus serta anggota Pramuka Kwarda Babel. (BBR)


Penulis : Lulus (CJ)

Editor   : Kasmir 

Sumber : Diskominfo Babel