Kampung Tige Urang, Wisata Jadul yang Instagenik dengan Suasana Alami

Kasmirudin
Kampung Tige Urang, Wisata Jadul yang Instagenik dengan Suasana Alami
Wisata Kampung Tige Urang

DESTINASI wisata di Bangka Belitung terus mengalami peningkatan yang signifikan. Begitu banyak objek wisata kekinian bermunculan, yang begitu instagrammable.  Para pengelola objek wisata berlomba-lomba menatanya dengan berbagai fasilitas yang kekinian.

Namun ada satu destinasi wisata jadul yang wajib dikunjungi wisatawan jika berkunjung ke Pulau Bangka, yakni Kampung Tige Urang. Objek wisata ini terletak di Kelurahan Tuatunu, Kota Pangkalpinang.

Objek wisata ini mengusung konsep jadul dengan suasana alam pedesaan di Pulau Bangka yang alami.  Suasana berbeda menghiasi objek wisata Kampung Tige Urang. Di tempat ini wisatawan dimanjakan dengan suasana masyarakat Pulau Bangka tempo dulu. Mulai dari pondok kebun sampai makanan khas masyarakat Bangka.

Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan suasana alam pedesaan, dengan berbagai peralatan rumah khas Bangka, seperti peralatan tempat memasak sampai peralatan pertanian serta alat transportasi saat itu, Kerito Surong, yang berfungsi untuk membawa hasil kebun atau kayu api.

Tempat yang berdiri di atas lahan seluas tiga hektare ini terdapat rumah jadul, rumah tujuh bumbung namanya yang berdindingkan kulit kayu yang bisa dijadikan sebagai tempat penginapan. Rumah jenis panggung ini hanya terdapat tikar pandan dan tungku untuk memasak.

Suasana Kampung Tige Urang cukup adem saat musim kemarau, karena di sekitar lokasi terdapat aneka tanaman buah-buahan seperti durian, manggis, mangga, rambutan dan sebagainya. Tidak lupa di antara pondok terdapat tanaman khas Bangka yaitu pohon karet.

PENCETUS WISATA KAMPUNG...

  • Halaman
  • 1
  • 2