Kantongi Izin ke China, Gubernur Babel Bidik Kerjasama Pasir Silika dan Hilirisasi Industri Timah

Ahada
Kantongi Izin ke China, Gubernur Babel Bidik Kerjasama Pasir Silika dan Hilirisasi Industri Timah
Vice Presiden Xinyi Energy Glass (WUHU) Company Limited mengundang Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman pada  26 Desember 2019 . (Foto: ist)

CHINA, BABELREVIEW.CO.ID  - Vice Presiden Xinyi Energy Glass (WUHU) Company Limited mengundang Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman pada  26 Desember 2019 lalu.

Gubernur Erzaldi Rosman diajak mengunjungi perusahaan mereka di Negeri China.

Tujuan kunjungan ini untuk berdiskusi bisnis dan membahas kemungkinan kerja sama dengan Pemprov Bangka Belitung.

Setelah mendapat izin Kementerian Dalam Negeri, akhirnya Gubernur Erzaldi bersama rombongan mengunjungi Negeri Tirai Bambu tersebut selama tiga hari, terhitung tanggal 18-21 Januari 2020.

Gubernur Erzaldi menjelaskan kedatangan rombongan dari Babel ini membahas kerja sama, salah satunya terkait pasokan pasir silika di Anhi, China.

Proses kunjungan Gubernur Erzaldi ke China ini diawali dengan menyurati Menteri Dalam Negeri sebagai Mekanisme Perjalanan Dinas Luar  Negeri, untuk permohonan Perjalanan Dinas Luar Negeri.

Hal ini tentunya sesuai Peraturan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2016 tentang Pedoman Perjalanan Dinas Luar Negeri Aparatur Sipil Negara Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Pimpinan dan Anggota Perwakilan Rakyat Daerah.

Dijelaskan, bahwa manfaat dari Kegiatan ini diantaranya, meningkatkan strategi implementasi pencapaian sebagai industrialisasi hingga penjajakan kerja sama potensial untuk mengintegrasikan teknologi dalam rangka meningkatkan pemasaran dan perdagangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Atas surat Gubernur Babel ini, Kementerian Dalam Negeri RI akhirnya menindaklanjuti dengan menyampaikan surat rekomendasi penugasan ke Luar Negeri disertai surat rekomendasi penyelesaian Pasport Dinas Exit Permit dan rekomendasi visa atas nama Gubernur Erzaldi Rosman kepada Kementerian Sekretariat Negara, yang ditandatangani oleh Mendagri Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD.

Kementerian Sekretariat Negara RI menyetujui hal ini melalui surat persetujuan perjalanan dinas Luar Negeri.

Dalam surat ini, Gubernur Erzaldi Rosman disetujui atas perjalanan memenuhi undangan ke China tersebut.

Di Negara China, Selain harus menemui Kedutaan Besar RI untuk menyampaikan maksud kedatangannya, juga diwajibkan membuat laporan perjalanan dinas ini dan disampaikan kepada Mendagri.

Turut dalam perjalanan kunjungan kerja tersebut antara lain Kepala Polisi Daerah Bangka Belitung Brigjen Pol Drs Anang Syarif Hidayat, Komandan Lanud HAS Hanandjoeddin Letkol Nav Sunardi, Komandan Pangkalan Laut Bangka Belitung Letkol Laut (P) Dudik Kuswoyo, SE  MTr Hanla, Prof H Saparudin MT PhD sebagai Direktur Utama PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (BUMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung), serta Vindyarto Purba sebagai Direktur PT Ration Bangka Abadi.

Kunjungan tidak hanya dilakukan ke XINYI ENERGY GLASS untuk kerjasama terkait pasir silika, tetapi juga ke CINOMACH yang merupakan BUMN di China yang bergerak dibidang mesin-mesin berat untuk hilirisasi industri timah di Bangka Belitung. (Ril/BBR)