Kapan Hotel di Babel Akan Dibuka..?, BPJ: Silahkan Jika Mampu Jalankan Protokol Kesehatan

Ahada
Kapan Hotel di Babel Akan Dibuka..?, BPJ: Silahkan Jika Mampu Jalankan Protokol Kesehatan
Ketua PHRI Babel Bambang Pati Jaya (kanan) saat bertemu Presiden RI Joko Widodo (kiri)

PANGKALPINANG, BABEL REVIEW.CO.ID – Pariwisata merupakan sektor yang paling terpukul akibat mewabahnya Covid-19.

Bagaikan efek domino, beberapa industri pun terkena dampaknya, seperti perhotelan dan restoran.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bangka Belitung mendapatkan laporan sebanyak 45 hotel dan 20 restoran di Bangka Belitung tutup sejak social distancing dan physical distancing diberlakukan.

Sebanyak 2.850 karyawan pun terpaksa dirumahkan bahkan di-PHK.

Ketua BPD PHRI Bangka Belitung Bambang Patijaya menggambarkan kondisi perhotelan dan restoran di Bangka Belitung dengan kata “Babak Belur”.

Kata tersebut memang tidak berlebihan, karena mayoritas hotel tutup karena iklim usaha sangat tidak mendukung.

“Hotel bukan hanya menjual kamar, tetapi juga MICE (meeting, insentif, convention dan exhibition). Itu tidak ada dan tidak bisa dilaksanakan dimasa pandemi sekarang. Yang namanya social distancing dan physical distancing itu langsung berimplikasi kepada operasional hotel. Jadi tantangan new normal sangat berat bagi hotel,” ungkap pria yang juga menjabat anggota DPR RI.

Ketika pengelola hotel dan restoran harus dihadapkan dengan pilihan mengurangi karyawan, Bambang Patijaya yang akrab disapa BPJ ini sudah mengingatkan agar pengelola hotel segera mendaftarkan karyawannya dalam program kartu pra kerja.

Paling tidak selama dirumahkan atau selama belum mendapatkan pekerjaan lain, memiliki bekal keahlian dan ada pendapatan yang didapat.

“Program kartu pra kerja ini tidak hanya sekedar program yang berkaitan dengan peningkatan SDM, tapi juga semi bansos. Jadi kepada karyawan yang terdampak bisa didaftarkan untuk ikut program kartu pra kerja,” kata BPJ.

Untuk membuka Kembali hotel dan restoran tentu yang paling utama adalah menerapkan protokol Kesehatan.

Dalam hal ini, PHRI pusat telah mengeluarkan panduan umum yang lebih mendetail untuk semua bagian industri perhotelan dan restoran bagaimana operasional hotel dan restoran disaat pandemi Covid-19.

Hotel menjual pelayanan yang..

  • Halaman
  • 1
  • 2
  • 3