Kapolda Babel Kunjungi Peleburan Timah Mentok, Berikut Penjelasan Jenderal Bintang Dua Ini

Kusuma Jaya
Kapolda Babel Kunjungi Peleburan Timah Mentok, Berikut Penjelasan Jenderal Bintang Dua Ini
Kapolda Bangka Belitung Irjen Polisi Drs Anang Syarif Hidayat mengunjunggi Unit metalurgi PT Timah, Kamis (15/4/2021). (Ist)
Kapolda Bangka Belitung Irjen Polisi Drs Anang Syarif Hidayat mengunjunggi Unit metalurgi PT Timah, Kamis (15/4/2021).(ist)
Kapolda Bangka Belitung Irjen Polisi Drs Anang Syarif Hidayat mengunjunggi Unit metalurgi PT Timah, Kamis (15/4/2021).(ist)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Kapolda Bangka Belitung Irjen Polisi Drs Anang Syarif Hidayat mengunjunggi Unit metalurgi PT Timah, Kamis (15/4/2021).

Dalam  kunjungan itu, Kapolda Babel di dampinggi Kepala Unit Metalurgi Ir Wiyono, yang memaparkan langsung proses pengolahan biji timah menjadi balok timah yang siap ekspor kepada Kapolda Babel.

Turut mengikuti kunjungan Kapolda Babel, antara lain Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah SIK, PJU Polda Bangka Belitung, serta PJU Polres Bangka Barat.

Kapolda Bangka Belitung Irjen Polisi Drs Anang Syarif Hidayat usai mengunjungi Unmet Ia menyampaikan, selain timah ada produk yang bernilai yang nantinya dapat dikembangkan.

"Terimakasih telah diberikan kesempatan mengunjunggi lokasi peleburan timah, dengan demikian dapat melihat dengan jelas produk dari timah, mulai dari awal sumbernya kemudian diolah sampai menjadi balok balok timah. Saya juga mengkaitkan  juga sisa sisa dari tambang ternyata masih bisa dimanfaatkan dan dikembangkan untuk ditindak lebih lanjut. Untuk ini sesuai dengan  harapan pemerintah saat ini tentang hilirisasi, tidak ada satupun  barang barang itu yang terbuang. Begitu pula kita pikirkan lagi kedepan sisa sisa tambang  ini pengolahannya seperti apa, agar produk kita tidak hanya sekedar timah, tetapi ada produk produk lain yang lebih, jauh lebih bernilai. Jadi pengembangan seperti itu perlu dipikirkan dan dikembangkan.dikemudian hari," papar Kapolda.

Kapolda juga bangga dengan teknologi serta kontribusi PT Timah dapat dirasakan bagi masyarakat yang nantinya berdampak pada kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung.

"Saya bangga dengan PT Timah yang telah menggunakan teknologi yang cukup modern, dengan hasil yang sudah diakui dunia, untuk dipasarkan ke seluruh dunia. Kontribusi PT Timah sangat diharapkan oleh daerah, sumber produksinya didapatkan dari seluruh Bangka Belitung, tentunya harus bisa menyentuh seluruh pemerintah dan masyarakat Bangka Belitung, sehingga manfaat timah ini dirasakan bagi masyarakat, dan masyarakat mendapatkan nilai positip atau mendapatkan keuntungan, dirasakan betul keuntungannya," harapnya.

Ia melanjutkan sekarang ini pihaknya melihat exploitasi timah di Belo Laut dan dampaknya terhadap masyarakat.

"Bagaimana sekarang kesejahteraannya meningkat, dengan adanya kerjasama dengan mitra, PT Timah dengan masyarakat. Ini yang patut kita kembangkan. Sehingga seluruh masyarakat Bangka Belitung merasakan manfaat," tutupnya. (BBR)
Laporan: buditio