Kapolda Tindak Tegas Penambang Merusak Hutan Lindung

kasmirudin
Kapolda Tindak Tegas Penambang Merusak Hutan Lindung
Kapolda Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono berkomitmen akan menindak tegas para penambang yang melakukan aktivitas penambangan ilegal di kawasan Hutan Lindung. (Foto: Faisal)

LUBUK BESAR, BABELREVIEW.CO.ID – Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono berkomitmen akan menindak tegas para penambang yang melakukan aktivitas penambangan ilegal di kawasan Hutan Lindung (HL).

Hal tersebut disampaikannya saat menggelar silaturahmi bersama warga Lubuk Besar di Masjid At-Taubah Desa Lubuk Besar, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (11/4/2019).

“Kita tahu masyarakat disini rata-rata pekerjaannya adalah berkebun dan menambang, maka itu kita tidak akan melarang bila memang titik lokasi aktivitas tidak masuk ke dalam wilayah terlarang, seperti Hutan Lindung (HL) serta ada izinnya," ujar kapolda.

Kapolda mengatakan, pada prinsipnya Polri dengan TNI telah berkomitmen untuk melarang segala kegiatan yang bisa merusak kawasan hutan lindung.

Baca Juga: Sambil “Bekisah”, Kapolda Babel Ajak Warga Datang ke TPS

“Kita pada dasarnya tidak melarang kegiatan penambangan di luar wilayah terlarang seperti HL, namun harus tetap ada izinnya. Bila  izinnya jelas malah akan kita dukung kegiatan tersebut, sebagai tonggak perekonomian masyarakat disini,” jelas kapolda.

Kapolda mencontohkan seperti aktivitas penambangan yang terjadi di HL Kuruk Dusun B1 Desa Lubuk Simpan, ia kerahkan langsung tim gabungan dalam penertiban sebagai sikap tegas untuk para penambang yang membandel.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menambang di kawasan HL atau wilayah konservasi lainnya, Kawasan HL tersebut harus dijaga bersama-sama bukan untuk dirusak bersama-sama,” tandasnya. (BBR)


Penulis : Faisal 
Editor   : Kasmir
Sumber : Babel Review