Karang Taruna Petaling Gelar Aksi ‘Tabungan Akhirat’

kasmirudin
Karang Taruna Petaling Gelar Aksi ‘Tabungan Akhirat’
Karang taruna Desa petaling memberikan takjil untuk berbuka puasa kepada pengurus masjid yang ada di desa itu. (ist)

PETALING, BABELREVIEW.CO.ID -- Bulan Ramadhan selalu menyuguhkan semangat berbagi  yang luar biasa dari masyarakat. Begitu pula dengan pengurus Karang Taruna Gaspalas (Kartuna Gaspalas) Desa Petaling Banjar yang pada Ramadhan kali ini, kembali membuka posko berbagi yang bertujuan memfasilitasi dan membangkitkan semangat sedekah dan berbagi kebahagiaan di bulan yang penuh berkah ini.

Ilham Fadilah, Ketua pelaksana kegiatan Ramadhan Berbagi 1440  H menyampaikan, bahwa aksi mereka tahun ini dinamai "Tabungan Akhirat". Kegiatannya dilaksanakan setiap hari di depan masjid Al- Istiqomah Petaling.

"Alhamdulillah, setiap hari selama bulan ramadhan kita membagikan takjil untuk 8 masjid dan musholla yang ada di Desa Petaling dan Petaling Banjar. Kita juga membuka posko untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin bersedekah dan berbagi setiap harinya. Antusias masyarakat cukup baik, sekarang dana yang terkumpul sebesar Rp 11.045.000 dan insya Allah akan terus bertambah " ujar ilham yang ditemui pada Sabtu (17/5).

Lebih lanjut Ilham mengatakan, bahwa nantinya dana yang terkumpul akan dibagi ke dalam 3 kegiatan, yakni santunan dan buka puasa bersama untuk anak yatim yang ada di Desa Petaling dan Petaling Banjar, pembagian sembako untuk dhuafa yang ada di Desa Petaling Banjar serta santunan sembako dan pakaian ke Panti Asuhan yang berada di Pangkalpinang.

Ketua Karang Taruna Gaspalas, Meru, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap Ramadhan tiba.

"Selain kegiatan Ramadhan Berbagi tersebut, juga ada rangkaian kegiatan lomba, di antaranya lomba kaligrafi, da'i cilik, hadrah, MTQ  yang diselenggarakan di Masjid Al- Istiqomah dan nanti terakhir akan ditutup dengan takbir keliling. Sebelumnya kami juga telah menggelar pawai ta'aruf menyambut datangnya Ramadhan yang diikuti berbagai kalangan masyarakat," ujarnya.

Meru menambahkan, khusus untuk hari Minggu (18/5), Kartuna Gaspalas menggelar kegiatan sholawat amal peduli Rodatul Nurjanah, penderita penyakit kanker nasopharynx. Kegiatan yang dilaksanakan di depan Masjid Raya Al- Istiqomah Mendo Barat ini menampilkan Hadrah Musafir Bangka.

Kegiatan-kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan keimanan masyarakat, khususnya bagi pengurus Kartuna Gaspalas selaku generasi penerus bangsa" tambah Meru.

Sementara itu, Mulkan, Sekdes Petaling Banjar menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak muda ini seraya berharap kegiatan ini merupakan momentum peningkatan kualitas ibadah serta kepedulian terhadap sesama.

"Alhamdulillah antusias masyarakat, donatur dan pengguna jalan pada kegiatan ramadhan berbagi tahun ini semakin meningkat, ini menjadi momentum bahwa setelah Ramadhan berlalu, kepedulian kita terhadap sesama terutama untuk anak yatim piatu dan kaum dhuafa harus tetap terjaga," pungkas Mulkan. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review