Kasus Covid-19 Kluster Air Duren Bertambah, Pemkab Bangka Fokuskan Strategi Penanganan

Ahada
Kasus Covid-19 Kluster Air Duren Bertambah, Pemkab Bangka Fokuskan Strategi Penanganan
Virus Corona Covid-19. (ilustrasi)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Menyikapi tingginya penyebaran virus corona di Desa Air Duren, Kecamatan Mendo Barat, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH menyatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Ketua Satgas Covid-19 Bangka untuk melakukan karantina wilayah atau jalan keluar lainnya.

Namun saat ini pihaknya memberikan perhatian khusus terhadap penyebaran wabah virus corona. Pasalnya, saat ini telah terjadi transmisi lokal yang sangat tinggi.

Penyebaran yang tinggi ini berawal dari pasien R yang terkonfirmasi lebih dulu setelah menjangkit ke suami yang telah dinyatakan meninggal beberapa minggu yang lalu. Yang saat itu dilakukan hajatan, dan pada hari yang ke sembilan R dinyatakan positif kemudian semua yang hadir dilakukan pemeriksaan Swab dan hasilnya ada sekitar 15 orang yang akhirnya hasilnya positif.

Akhirnya Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melakukan tracking dan mendapatkan sepuluh orang yang positif. Sampai Rabu (16/12/2020) ada 48 orang yang telah dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 dari Desa Air Duren, Mendo Barat.

"Dinkes Kabupaten Bangka telah melakukan secara masif rapid test sebanyak 250 dan swab 200 orang di Desa Air Duren. Hal ini kami gelar untuk mencari dan memutus mata rantai penyebaran penularan virus corona. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk memahami kondisi saat ini, bahwa untuk pasien yang positif tempat karantinanya harus dibagi dibeberapa tempat," terangnya, Rabu (16/12/2020).

Pihaknya menyadari bahwa pelayanan karantina di Asrama Haji dan Balai Diklat yang di Provinsi Bangka Belitung berbeda dengan tempat karantina lainnya. Jadi seketika di dua tempat itu ada ruangan yang kosong maka pasien yang di karantina di tempat lain akan segera dipindahkan.

"Saya berharap agar masyarakat percaya dengan hasil swab yang telah dikeluarkan, karena hasil itu benar apa adanya dan akan sampai ke WHO. Tolong gunakan masker seketika berada di luar rumah, cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir kemudian menjaga jarak antar sesama. Jika hal ini selalu di lakukan mudah-mudahan penyebaran wabah Covid-19 cepat berakhir di Kabupaten Bangka," tandasnya. (BBR)
Laporan: ibnu w