Kasus Covid-19 Naik, DPRD Basel Dorong Pemkab Basel Serius Lakukan Penanganan

Irwan
Kasus Covid-19 Naik, DPRD Basel Dorong Pemkab Basel Serius Lakukan Penanganan
Wendy, Anggota DPRD Basel

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Naiknya kasus Covid-19 di Bangka Selatan (Basel) pada beberapa hari ini membuat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Selatan Wendy angkat bicara.

Politisi partai Demokrat ini mengingatkan, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Baselbenar-benar serius dalam penanganan Covid-19 di Basel.

"Hal ini dikarenakan tren kasus tiap hari makin naik, bahkan kematian akibat Covid-19 ini sudah bertambah. RSUD kita hanya satu, pelayanan dan tenaga kesehatan sangat terbatas, kalau hal ini meningkat terus kasusnya, saya khawatir akan kolaps RSUD kita," katanya.

Bahkan, sambungnya dirinya juga mendengar kapasitas Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Babel juga hampir penuh.

"Untuk Satgas Covid juga benar-benar di fungsikan, karena terdiri dari beberapa unsur. Saya dengar informasi bahwa ada pasien yang sudah di nyatakan Covid-19 namun pihak keluarga memaksakan membawa pulang jenazah tanpa mau melakukan protokol Covid-19," ujarnya.

Menurutnya, hal ini sangat berbahaya dan dapat meningkatkan penyebaran virus. Petugas RSUD pun tidak bisa berbuat banyak tanpa didukung oleh Satgas Covid.

"Untuk yang isolasi mandiri (Isoman) harus diperhatikan dan diberikan bantuan, karena tidak mungkin mereka keluar, sedangkan tetangga juga waspada. Tekanan psikologis sangat berat terhadap pasien yang Isoman.

Dirinya mengajak, marilah kita semua saling bahu membahu mengatasi pandemi ini, selalu terapkan protokol kesehatan dan selalu menghindari keramaian, virus Covid-19 ini benar adanya dan jangan kita anggap remeh. (BBR)


Laporan: Andre

Editor: Irwan