KBP3 Basel Ajak Warga Mawas Diri untuk Minimalisir Tindak Kejahatan

kasmirudin
KBP3 Basel Ajak Warga Mawas Diri untuk Minimalisir Tindak Kejahatan
ilustrasi.

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Terjadinya tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang terjadi beberapa waktu di wilayah hukum Bangka Selatan, mendapat komentar dari berbagai pihak. Salah satunya Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBP3) Basel, Eko Septianto Rasyim.

"Sudah terjadi kasus pencurian dengan kekerasan beberapa waktu lalu membuat kita semakin waspada dan lebih menjaga diri, agar tidak mengalami hal serupa , " jelas Eko kepada Wartawan, Jumat (14/6/2019).

Dikatakannya, dalam beberapa kasus pelaku curas beraksi karena cara berpakaian dengan menggunakan perhiasan berlebihan maupun membawa tas ataupun dompet yang terlihat saat berkendara di jalan, memunculkan niat pelaku untuk beraksi.

"Dalam kasus lain juga, curas terjadi karena korban berkendara sendiri di jalanan yang sepi khususnya malam hari memancing pelaku untuk berbuat kejahatan," imbuhnya.

Untuk itu, marilah sama-sama lebih mawas diri apalagi di jalanan yang bisa saja jadi celah bagi para pelaku tindak kejahatan untuk melakukan pencurian dan sebagainya.

Eko meminta usahakan jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan dan mencolok serta membawa tas jinjing maupun dompet yang kelihatan dan hanya disanggah di kendaraan.

"Usahakan jangan terlalu sering keluar malam hari apalagi tengah malam di jalanan yang sepi, kecuali memang perlu. Itu pun usahakan jangan sendirian dan carilah jalanan yang ramai, sehingga tidak mengundang niat jahat orang lain," bebernya.

Eko mengajak masyarakat untuk bersama-sama dengan pihak kepolisian menjaga keamanan serta meminimalisir adanya tindak kejahatan dan itu bisa dimulai dari diri sendiri. (BBR)


Penulis  : Andre   
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review