Kejar Herd Immunity, Satgas Covid-19 Bangka Bersama BIN Babel Lakukan Vaksinasi di SMA Setia Budi

Admin
Kejar Herd Immunity, Satgas Covid-19 Bangka Bersama BIN Babel Lakukan Vaksinasi di SMA Setia Budi

BANGKA, BABELREVIEW.CO.ID - Dalam upaya memutuskan mata rantai penularan dan penyebaran wabah Covid-19, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka bekerjasama dengan TNI dan Polri dengan secara masif menggelar operasi yustisi penegakan Prokes Covid-19 yang dilakukan setiap hari.

"Selanjutnya kami juga lakukan penyekatan dibeberapa daerah perbatasan yang dianggap ramai karena menjadi akses keluar masuknya orang ke Kabupaten Bangka. Yang mana dalam kegiatan penyekatan tersebut kita melibatkan dari personil kepolisian, dinas perhubungan, BPBD dan PSC 119," ujar Boy Yandra, Jubir Satgas Covid-19 Bangka, Selasa (26/10/2021).

Kemudian, pihaknya juga membuka beberapa gerai vaksin di tingkat kecamatan sampai desa yang diperuntukkan untuk masyarakat. Hal itu dilakukannya untuk mempercepat pencapaian herd immunity di Kabupaten Bangka.

"Sore kemarin kami menerima data masuk untuk jumlah vaksinasi, dengan rincian target vaksin 255.161 dosis vaksin pada tahap pertama terealisasi 137.917 dosis atau 54.05 persen dan tahap kedua terealisasi 87.556 dosis atau 34.31 persen. Saya berharap untuk hari ini, mudah mudahan capaian vaksin lebih baik dan banyak sehingga target pencapaian bisa maksimal," tegasnya.

Boy Yandra menyebutkan adanya 5 orang pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan ada 1 kasus baru. Sehingga jumlah keseluruhan warga Kabupaten Bangka yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 9.784 orang, yang sudah sembuh 9.396 orang dan yang meninggal dunia 360 orang, sedangkan yang 28 orang lainnya masih menjalani perawatan dokter.

"Sampai dengan hari tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Bangka sudah mencapai diangka 99.71 persen. Dari 28 yang masih menjalani perawatan tersebut terbanyak berasal dari Kecamatan Sungailiat 7 orang, Belinyu 1 orang, Pemali 2 orang, Riau Silip 14 orang dan Puding Besar 2 orang," jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa di Kabupaten Bangka saat ini hanya tinggal 5 Kecamatan yang masuk dalam zona beresiko rendah. Namun pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap taat selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan benar.

"Hari ini kami bersama dengan BIN Babel melaksanakan vaksinasi untuk pelajar di SMA Setia Budi Sungailiat. Dan kita berharap, semoga Kabupaten Bangka bisa memenuhi target vaksinasi 70 persen sampai di akhir tahun ini, namun kami optimistis bisa mencapai target itu," ucapnya.