Kejar Pajak Alat Berat, UPT Bakuda Bangka Langsung Turun Lapangan

kasmirudin
Kejar Pajak Alat Berat, UPT Bakuda Bangka Langsung Turun Lapangan
Kepala UPT Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bangka, Yeri. (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Realisasi penerimaan pajak alat berat di Kabupaten Bangka pada tahun 2019 dinilai sudah cukup baik.

Per bulan Juli 2019, UPT Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bangka sudah mendapatkan Rp 243.744.590 (86,18 %) dari target penerimaan pajak alat berat per bulan Juli 2019 sebesar Rp 282.837.065.

"Kita akan terus berupaya untuk turun langsung kelapangan guna melakukan pendataan dan untuk lakukan penagihan langsung ke perusahaan dan perorangan yang mempunyai alat berat," kata Kepala UPT Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kabupaten Bangka, Yeri Senin (5/8/2019).

Data tahun 2018 jumlah alat berat di Kabupaten Bangka sebanyak 291. Dari jumlah tersebut masih belum semuanya, masih ada beberapa alat berat yang belum terdata oleh pihak UPT Bakuda Kabupaten Bangka.

"Saya pastikan masih ada alat berat yang belum terdata di Kabupaten Bangka ini. Maka dari itu kami masih menggali potensi dengan cara turun langsung ke lapangan, salah satunya bersinergi dengan aparat desa," jelasnya.

Yeri menerangkan, pihaknya akan terus melakukan cara pendekatan terlebih dahulu kepada para pemilik alat berat untuk melakukan pemberitahuan terkait pembayaran alat berat.

"Dengan cara seperti itu, kita mendapatkan respon yang sangat bagus. Saat ini tinggal bagaimana cara menggali potensi tersebut, tetapi yang harus kita ketahui bahwa alat berat yang di Kabupaten Bangka ini pemiliknya ada yang dari luar, dan itu yang tidak berhak kita kenakan pajak disini," tuturnya.

Menurutnya, alat berat yang pemiliknya dari luar Kabupaten Bangka, pihaknya akan meminta bukti pembayarannya dan jika belum dibayar akan diimbau untuk melakukan pembayaran pajaknya.

"Kita hanya bisa dapat melakukan penagihan dan memberikan rekomendasi teguran jika belum dibayar, untuk penindakan ada instansi tersendiri yang berhak melakukannya. Yang pasti, kami akan terus memaksimalkan pemasukan dari pembayaran pajak ini, karena uang itu nantinya akan dikembalikan ke pemerintah daerah untuk kepentingan masyarakat itu sendiri," tandasnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review