Kejari Basel Musnahkan Puluhan Barang Bukti

Kasmirudin
Kejari Basel Musnahkan Puluhan Barang Bukti
Kejaksaan Negeri Bangka Selatan memusnahkan sebanyak 23 barang bukti dari sejumlah perkara yang sudah inkrah di halaman parkir Kantor Kejari Basel pada Kamis (8/4/2021). (Foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Sebanyak 23 barang bukti dari sejumlah perkara yang sudah inkrah (berkekuatan hukum) dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri Bangka Selatan (Basel), di halaman parkir Kantor Kejari Basel pada Kamis (8/4/2021).

Adapun 23 barang bukti merupakan perkara sejak Januari hingga Maret 2021 dilakukan oleh Kepala Kejari Basel, Mayasari dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Basel, Supriyadi, perwakilan BNN, Polres, dan Polsek serta Kasi Pengelolaan BB dan barang rampasan Kejari F Oslan Pardede dan Kasi Pidum Kejari Denny.

Mayasari mengatakan, pemusnahan BB ini wujud akuntabilitas kinerja institusi secara terintegarasi Polres Basel, Kejari Basel dan Pengadilan Negeri Sungailiat.

“Kinerja Integrasi yang dimaksud ialah penangkapan dan penyidikan yang dilakukan Polres, penuntutan oleh Kejari dan putusan dari Pengadilan kemudian dikembalikan lagi ke Kejari untuk dimusnahkan, " katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemusnahan BB ini sengaja disampaikan ke publik guna mewujudkan keterbukaan informasi.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan BB dan barang rampasan F Oslan Pardede menambahkan, BB yang dimusnahkan yakni berupa senjata tajam sebanyak tujuh perkara, yang satu di antaranya kasus pembunuhan.

“Sedangkan BB Narkoba yang dimusnahkan yakni sabu sebanyak 55,278 gram dari tiga belas perkara, ganja satu perkara dengan BB sebanyak 3.915 gram serta ekstasi dua butir dari satu perkara," katanya. (BBR)


Penulis: Andre

Editor  : Kasmir