Kelurahan Sungai Baru Kawasan Homestay Terbaik di Bangka Barat

Admin
Kelurahan Sungai Baru Kawasan Homestay Terbaik di Bangka Barat
Foto :(Budi Tio)

HOMESTAY atau rumah penginapan wisata merupakan salah satu pendukung wisata di Bangka Barat. Keberadaan homestay di Bangka Barat sendiri belum begitu menjamur, salah satunya di Kelurahan Sungaibaru Kecamatan Muntok.

Kelurahan Sungaibaru memiliki beberapa potensi di antaranya mencakup potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya kelembagaan serta sarana dan rasarana. Salah satu potensi yang terus akan dikembangkan adalah keberadaan homestay di kelurahan ini.

Dengan luas wilayah kurang lebih 370 hektare dan dihuni oleh 6.519 jiwa,  mayoritas penduduknya bekerja di berbagai sektor seperti di sektor swasta, BUMN, dan pemerintahan. Lurah Sungaibaru, Romli kepada Babel Review mengatakan, bahwa di Kelurahan Sungaibaru memiliki beberapa homestay yang siap menerima tamu jika akan berkunjung ke Muntok.

Ia mengatakan, secara moril pemerintah di tingkat kelurahan akan terus mendukung keberadaan homestay yang ada. Untuk bentuk dukungan yang bersifat materil pihak kelurahan akan bekerjasama dengan dinas terkait, misalnya dalam bentuk pelatihan dan pemeliharaan kondisi lingkungan di sekitar kawasan homestay.

“Terkait dengan adanya kegiatan Pansumnet yang diperkirakan akan membutuhkan fasilitas homestay, pihak kelurahan Sungaibaru akan mulai mendata rumah milik warga yang nantinya dapat dipergunakan sebagai tempat menginap peserta.

 Jadi walaupaun bukan sebagai homestay tetap, mereka biasanya siap untuk ditempati oleh peserta,” kata Romli. Salah satu pemilik homestay Nuzri, menyampaikan jika tingkat hunian homestay miliknya memang tidak tinggi. Apalagi ia juga mensyaratkan bahwa tamu yang akan menginap harus melalui asosiasi atau melalui dinas terkait.

Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Homestay yang dikelola Nuzri pernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dibawah Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata sebagai juara III  dalam rangka Apresiasi Usaha Masyarakat Bidang Pariwisata pada 2015.

“Mendapatkan Apresiasi dari Kementerian Pariwisata membuat kami berbangga hati, dan berusaha untuk lebih baik lagi dalam mengelola homestay. Karena unsur kekeluargaan dalam menjamu tamu yang menginap menjadi faktor utama, agar para tamu betah dan merasa seperti tinggal di rumah sendiri. Selama ini tamu yang pernah menginap pun kadang kala masih tetap menjalin komunikasi dengan kami, karena sudah seperti menjadi bagian dari keluarga,” jelasnya.

Lingkungan tempat homestay yang berada di Kampung Tegalrejo dengan kondisi yang baik dan tertata rapi. Begitu juga peran kamtibmas yang baik, yang turut menjaga keamanan dan keteraman di wilayah ini. Sehingga wajar pengelolaan homestay dengan sistem kekeluargaan ini, diganjar dengan penghargaan dari Kementerian Pariwisata. (BBR)


Penulis :Budi Tio
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview