Kemarin Dindik Babel Terima Hasil UNBK

kasmirudin
Kemarin Dindik Babel Terima Hasil UNBK
Kepala Dinas Pendidikan Babel, M.Sholeh (Foto:Diko)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW -- Kemarin Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK sederajat. Namun peserta UNBK mesti bersabar, pasalnya Dindik Babel tidak langsung mengumumkan hasil tersebut. Rencananya pengumuman kelulusan dilakukan pihak sekolah tanggal 3 Mei mendatang.

Soleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, dijadwalkan hari Senin (30/4/2018) akan menerima hasil UNBK tingkat SMA/SMK sederajat. Hasil UNBK disampaikan ke Cabdin dan sekolah tanggal 1 Mei. Kemudian pengumuman kelulusan tanggal 3 Mei dilakukan oleh pihak sekolah.

"Pengumuman kelulusan tanggal 3 Mei oleh pihak sekolah. Penentu kelulusan adalah hasil USBN bukan UNBK. Sebab UNBK hanya untuk pemetaan mutu secara nasional," kata Kadindik Babel Soleh, Senin (30/4/2018).

Kualitas pendidikan di Bangka Belitung sudah cukup baik. Soleh mencontohkan, tahun ini seluruh sekolah di Babel sudah mengikuti ujian berbasis komputer. Pelaksanaan ujian berlangsung lancar, semua siswa sudah mendapatkan kesempatan sama dalam mengikuti ujian tersebut. Kendati demikian, peningkatan fasilitas pendidikan akan terus dilakukan Pemprov Babel.

Mengenai usia sekolah hingga sembilan tahun di Babel, kata Soleh, sudah paripurna sejak tahun 2009 lalu. Sekarang ini pemerintah provinsi sedang menjalankan program pendidikan bagi siswa kurang mampu, anak yatim piatu maupun bagi anak yatim. Jika anak tersebut tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, maka pemerintah daerah yang memberi bantuan.

Menurut Soleh, Dinas Pendidikan mempunyai program beasiswa kartu berkah. Jadi untuk biaya pendidikan anak yatim piatu dan anak yatim akan ditanggung menggunakan program tersebut. Tak hanya itu, beasiswa juga diberikan kepada siswa kurang mampu yang ingin melanjutkan sekolah di perguruan tinggi. Terutama untuk perguruan tinggi yang ada di Bangka Belitung.

"Kemajuan di bidang pendidikan menjadi perhatian pemerintah provinsi. Kita juga memberikan fasilitas kuliah bagi yang ingin menjadi tenaga pengajar. Salah satu program beasiswa tersebut untuk mengikuti kuliah di Universitas Indonesia. Pemprov memfasilitasi mulai dari ikut tes perguruan tinggi tersebut," jelas Soleh. (BBR)


Penulis :Kusuma
Editor   :Kasmir
Sumber :Babelreview