Kembali Penambang Liar di Hutan Menumbing Ditangkap

kasmirudin
Kembali Penambang Liar di Hutan Menumbing Ditangkap
Tim gabungan Polres dan Satpol PP Bangka Barat mengamankan sejumlah peralatan tambang inkonvensional (TI) beserta pemilik yang beroperasi di hutan Gunung Menumbing Muntok, Kamis (10/10/2019). (Foto: Ist)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID -- Miris, sedih dan marah. Itu yang disampaikan oleh Narto, salah seorang warga Muntok kepada Babel Review saat mengetahui adanya penambang liar yang kembali diamankan Tim gabungan Polres Bangka Barat dan Satpol PP Bangka Barat.

“Sedih sekaligus marah sekali melihat kerusakan di Gunung Menumbing, seakan mereka kebal hukum, dan terus menjarah kawasan terlarang itu. Padahal sudah ada yang diamankan, sekarang masih ada lagi yang tertangkap,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi oleh Babel Review, Kasat Reskrim AKP Rais Muin, S.I.K seizin Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan A.S, S.H. S.IK, membenarkan bahwa mereka melakukan penangkapan pada hari Kamis (10/10/2019) sore, dan saat ini tersangka beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Bangka Barat.

Kasat Reskrim menjelaskan, semula tim gabungan mendapatkan informasi dan kemudian melakukan pengecekan di lokasi Kahar Desa Air Putih Kecamatan Muntok, saat itu ditemukan adanya aktifitas penambangan ilegal. kemudian dilakukan pengamanan terhadap seseorang yang diduga pelaku beserta barang bukti.

Pada saat diamankan tersangka AS (31) saat itu sedang akan mengoperasikan mesin robin (mesin air) dan baru akan melakukan kegiatan penambangan.

Menurut pengakuan AS, peralatan tambang di lokasi berada di lokasi tersebut baru dua hari dan belum melakukan kegiatan penambangan, karena baru selesai dirakit atau disusun. Sehingga untuk saat ini belum mendapatkan bijih timah. (BBR)


Penulis  : Buditio                                                                 
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review