Kembali, Tanah Pemkot Pangkalpinang Dijual Warga

Ahada
Kembali, Tanah Pemkot Pangkalpinang Dijual Warga
Konfres Pemkot Pangkalpinang dengan wartawan Kota Pangkalpinang, Jumat (15/5/2020). (Gusti/ babelreview.co.id)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Lahan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, yang berada Kampak, Kecamatan Gerunggang diduga diserobot.

Lahan yang berukuran 3,4 Ha itu, diduga diperjualbelikan oleh oknum warga.

"Kami pada bagian aset bersama dinas PUPR Kota Pangkalpinang sedang menyusun draf laporan dan dibawa ke tim pengamanan aset sebelum ke pihak berwajib,"ujar Sekretaris Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Pangkalpinang, Syafaruddin, Jumat (15/5/2020).

Ia menegaskan, persoalan penyerobotan lahan milik Pemkot Pangkalpinang ini pun sudah disampaikan oleh perwakilan warga setempat kepada Pemkot Pangkalpinang. Udin mengaku menerima langsung aduan tersebut.

" Sudah ada warga yang mau melapor , jadi yang membeli tersebut akan kami bawa ke tim pengaman aset kemudian dijelaskan bahwa tanah itu milik Pemkot Pangkalpinang," kata Udin.

Dia membeberkan, sejak tahun 2007 tercatat sebagai aset Pemkot Pangkalpinang, dengan pembebasan lahan senilai Rp 350 juta rupiah.

"Kami menekankan pembebasan awal tanah untuk perkuburan umum di dalam dokumen tanah tersebut," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengusut penyerobotan lahan ini, karena lahan tersebut tercatat milik Pemkot Pangkalpinang.

"Kalau hal ini kita diamkan, jadi kita dianggap pembiaran. Disitu sudah ada anggaran pemkot yang dikeluarkan. Sebelumnya pada bagian aset sudah pasang plang Pemkot Pangkalpinang disitu ," ujar Udin. (BBR)
Laporan: Gusti Randa