Kembangkan Budidaya Bawang Merah, Pemkab Bateng Kerjasama dengan BI

Irwan
Kembangkan Budidaya Bawang Merah, Pemkab Bateng Kerjasama dengan BI

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Pemerintah Kabuaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) menjalin kerjasama atau MoU dengan Bank Indonesia Kantor Wilayah Bangka Belitung (Kanwil Babel) terkait pengembangan kawasan klaster Bawang merah.

Bertempat di Desa Puput, Kecamatan Simpang Katis, Rabu (10/3/2021), Bupati Bateng, Algafry Rahman mengatakan, Bangka Tengah sudah menjadi kawasan sentra pengembangan bawang merah yang dananya bersumber dari APBD 1 dan APBD 2 dan APBN sejak 2015.

Kemudian di tahun 2020, Bank Indonesia (BI) memberikan bantuan berupa pengembangan demplot bawang merah, instore drayer dan gudang pasca panen di Poktan Desa Lubuk Besar dalam rangka mendukung pasca panen bawang merah di Bangka Tengah.

"Di tahun 2020 pengembangan tanaman bawang merah di Bangka Tengah bersumber dari APBD 1 APBD 2 dan dana dari kementrian Pertanian seluas 25,75 H, sedangkan di tahun 2021 ini Bangka Tengah akan melakukan pengembangan dan penanaman bawang merah seluas 20 H yang dana nya bersumber dari APBD bangka tengah dan APBN," ujarnya

Bupati menambahkan, untuk meningkatkan kemampuan Petani bawang merah, pihaknya telah melaksanakan kegiatan sekolah lapang good agriculture practise (SL GAP), sekolah lapang pengendalian Hama Terpadu (SL PHT) dan terbentuknya Asosiasi petani bawang merah di Bangka Tengah.

Peningkatan wawasan melalui sekolah ini diharapkan terwujudnya tata kelola budidaya bawang merah yang baik, sehingga menghasilkan produkstivitas bawang merah yang meningkat yang berdampak pada kesejahteraan Petani," pungkasnya. (BBR)

Laporan: Rhamdan

Editor: Irwan