Kembangkan Wisata Air Terjun C2, Pengelola Berharap Bantuan Pemerintah

Kasmirudin
Kembangkan Wisata Air Terjun C2, Pengelola Berharap Bantuan Pemerintah
Destinasi wisata Air Terjun C2 yang mulai ramai dikunjungi pelancong pada hari libur. (Foto: Fierly Aditya)

BANGKATENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Wisata Air Terjun C2 Bukit Pading, Lubuk Pabrik, Bangka Tengah, mulai menjadi tujuan wisata masyarakat Bangka Belitung.

Lokasi ini memang cocok untuk menghabiskan waktu bersantai bersama orang terdekat atau keluarga, karena suasananya yang tenang serta udara yang segar.

Ketua pengurus destinasi Wisata Air Terjun C2, Basori menjelaskan pembangunan kawasan ini sebagai objek wisata, dimulai pada tahun 2017 lalu. Pada tahap awal pengembangannya, dibangun gazebo dan akses jalan menuju lokasi yang terdiri dari 7 tingkat.

"Sumber dana untuk membangun fasilitas disini berasal dari alokasi dana desa. Pertama yang kita bangun adalah gazebo termasuk akses jalan. Lokawisata ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Lubuk Pabrik lewat SK Kementerian Kehutanan," katanya.

Nama Air Terjun C2 ini sendiri, diceritakan Basori diambil dari nama pabrik kayu C2 yang dulu pernah beroperasi di wilayah tersebut.

Destinasi wisata ini bisa dibilang cukup lengkap, mengapa demikian? Selain menawarkan keindahan alam, di kawasan tersebut juga terdapat bermacam satwa yang membuat pengunjung semakin betah jika berkunjung kesini seperti labi-labi, kera atau hewan khas Bangka Belitung, Mentilin dan berbagai macam jenis tumbuhan yang masih asli.

"Di sini kami juga akan kembangkan wisata edukasi kepada anak anak tentang jenis-jenis tumbuhan yang ada di sini.  Di setiap pohon akan kita tempelkan nama-nama pohon tersebut. Selain itu disini kita menawarkan destinasi obat-obatan, karena di sini terdapat tumbuhan Pasak Bumi, Anggrek Tanah, Anggrek Rantai dan Daun Sirip Hutan," ungkapnya.

Saat ini Wisata Air Terjun C2 memang tengah jadi primadona masyarakat Bangka Belitung, bayangkan saja dalam satu minggu diakui Basori, jumlah pengunjung bisa mencapai 1500 orang, terutama pada hari libur.

Melihat besarnya potensi tersebut, Ia berharap pemerintah daerah dapat membantu mewujudkan mimpi besar mereka menjadikan Wisata Air Terjun C2 sebagai salah satu daya tarik wisata di Bangka Belitung.

"Saya berharap dari pihak pemerintah daerah, provinsi dan pusat bisa membantu dari segi pendanaan untuk mengembangkan wisata ini. Sebab masih banyak sekali yang kurang. Semoga pemerintah mau memperhatikan kami dan juga harapan besar kami kepada pengunjung ada kesadaran dalam menjaga kebersihan," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Diko Subadya

Editor   : Kasmir