Kendalikan Inflasi, Erzaldi Ajak Emak-Emak Tidak Belanja Berlebihan

kasmirudin
Kendalikan Inflasi, Erzaldi Ajak Emak-Emak Tidak Belanja Berlebihan
Gubernur Erzaldi Rosman, saat memberi sambutan dalam peringatan Nuzul Quran Masjid Agung Sungailiat, Selasa (21/5/2019) malam. (Foto: Irwan)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengajak masyarakat terutama emak-emak untuk tidak berlebihan dalam berbelanja pada bulan suci Ramadhan. Ia beralasan belanja berlebihan untuk berbuka dan sahur dapat memicu inflasi, akibatnya harga kebutuhan meroket.

"Bapak Ibu sekalian puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tapi juga menahan hawa nafsu. Bukan hanya nafsu antara laki-laki dan perempuan, tapi terutama untuk ibu-ibu harus bijak pada bulan puasa jangan berlebihan. Buka puasa mau berlebih, sahur mau berlebih, akibatnya semuanya mau dibeli walaupun mahal. Makanya, bulan puasa kalau tidak bisa menahan hawa nafsu inflasi naik," ujar Erzaldi ketika memberi sambutan dalam peringatan Nuzul Quran Masjid Agung Sungailiat, Selasa (21/5/2019) malam.

Dijelaskan Erzaldi, inflasi terjadi ketika daya beli masyarakat meningkat, namun barang yang tersedia di pasaran berkurang atau habis. Dalam hukum ekonomi ketika permintaan meningkat otomatis harga akan melambung.

"Kalau harga mahal lalu stok barang habis, akhirnya kita tidak dapat apa-apa. Makanya, saya minta perannya kepada masyarakat untuk tidak berbelanja secara berlebihan. Agar harga kebutuhan tetap stabil tidak mengalami infasli pada bulan Ramadhan," ajaknya.

Dalam peringatan Nuzul Quran Masjid Agung Sungailiat hadir ulama asal Mesir Syeikh Sayyid Abdul Salam yang menjadi imam sholat taraweh dan penceramah, serta Qori Internasional asal Tasik Malaya, Jawa Barat KH Mu'min Ainul MubarokMubarok. (BBR)


Penulis  : Irwan 
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review