Kepala TK dan Paud Simba Ikut Pelatihan, Bikin Strategi  Membangun Karakter Usia Dini

Ahada
Kepala TK dan Paud Simba Ikut Pelatihan, Bikin Strategi  Membangun Karakter Usia Dini
Kepala Taman Kanak-Kanak dan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini se-kecamatan Simpang Rimba mendapatkan  Pelatihan Bimbingan dan Supervisi Pengembangan  Kurikulum dan Penilaian PAUD, di Taman Kanak-Kanak Satu Atap Desa Sebagin Kecamatan Simpag Rimba Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (25/02/2020). (Foto: ist)

SIMPANGRIMBA, BABELREVIEW.CO.ID --  Kepala Taman Kanak-Kanak dan Kepala Pendidikan Anak Usia Dini se-kecamatan Simpang Rimba mendapatkan  Pelatihan Bimbingan dan Supervisi Pengembangan  Kurikulum dan Penilaian PAUD.

Kegiatan ini digelar selama satu hari, di Taman Kanak-Kanak Satu Atap Desa Sebagin Kecamatan Simpag Rimba Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (25/02/2020).

Hadir adalam kegiatan ini antara lain Kabid PNFI Drs Maryono, Kasi Kurikulum Siti Rismala SIp, Kasi Kelembagaan Sarana dan Prasarana Hamid  SPdI, Korwil Pembina Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Luar sekolah  Roba'in A Ma, dan Staf PNFI Kabupaten Bangka Selatan Septa.

Kabid PNFI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Maryono mengatakan bahwa  Pelatihan Bimbingan dan Supervisi Pengembangan  Kurikulum dan penilaian ini pada dasarnya adalah agar para pendidik mempunyai acuan dlalm mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan membentuk Kurikulum TK dan mampu memberikan materi utama dengn membentuk karakter anak.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan  pelajaran serta cara yang digunakan sebagai  pedoman  penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan. Maka sesuai dengan tujuan pendidikan TK yaitu membentuk kebiasaan sesuai dengan sifat-sifat manusia sosialis Indonesia", ujar Maryono.

Senada disampaikan Kasi Kurikulum Pendidikan Taman Kanak-Kanak Siti Risma  mengatakan bahwa apa yg terdapat dalam kurikulum, para guru taman kanak-kanak harus mampu menerapkannya dalam pengajaran sehari-hari.

"Dalam kurikulum ada rencana,  ada tujuan ada isi yang merupakan pedoman bagi kita. Maka para guru taman kanak-kanak harus mampu menerapkannya dlm pengajaran sehari-hari. Agar anak mempunyai karakter sebagaimana yang kita harapkan", imbuh Siti Rismala.

Sementara itu Rosaline Septia Triastuti Ketua Pusat Kegiatan Gugus Taman Kanak-Kanak Kecamatan Simpang Rimba mengucapkan  terima kasih kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Selatan yg telah memberikan sosialisasi tentang kurikulum dan supervisi penilaian.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak dinas pendidikan dan kebudayaan yang telah bersedia memberikan sosialisasi ini, dan ini sangat bermanfaat dan penting sekali bagi kami. Nanti akan kami terapkan di sekolah masing-masing", ungkap Ine.

Kegiatan yang di selenggarakan  oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nidang PMFI yang di laksanakan di SDN 11 Desa Sebagin ini menghadirkan nara aumber Kepala Seksi Bidang Kelembagaan Sarana dan Prasarana A Hamid SPdI. (*/BBR)

Laporan: CJ Kulul Sari