Kepengurusan Baru Resmi Dilantik, Gemawira Siap Jadi Wadah Kerajinan Bangka Belitung

Irwan
Kepengurusan Baru Resmi Dilantik, Gemawira Siap Jadi Wadah Kerajinan Bangka Belitung

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) merupakan organisasi yang konsisten berfokus dalam mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Masih terbilang baru, kehadiran Gemawira di provinsi Bangka Belitung dinilai memiliki potensi untuk memperluas jaringan yang menaungi pelaku usaha kreatif atau yang biasa dikenal dengan sebutan entrepreneur.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pembina Gemawira Wilayah Provinsi Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi, SH. dalam seremonial pelantikan Dewan Pengurus Wilayah dan Dewan Pengurus Cabang Gemawira Provinsi Bangka Belitung di Hotel Puri 56, Senin (01/08/2022).

“Harapan Saya semoga ide dan mimpi-mimpi Gemawira dapat segera direalisasikan menjadi wadah para pelaku wirausaha. Gemawira ini adalah salah satu komunitas yang dapat berpartner dengan pemerintah, saya harap pemerintah akan menjadi partne kita (Gemawira),” ujar Melati kepada Babelreview.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) yang baru saja dilantik, Dra. Catharina Kristiatmini menyampaikan cita-cita agar Bangka Belitung dapat memiliki sebuah sentra
kesenian hasil karya pelaku usaha.

“Masyarakat sudah memiliki potensi luar biasa dalam membuat kerajinan khas Bangka Belitung, tapi selama ini kita belum mempunyai sentra sehingga wisatawan yang berkunjung merasa bingung. Mau kemana? Kami punya mimpi mewujudkan bagaimana supaya kami punya pasar seni yang menjadi sentra penjualan kerajinan. Coba kalau kita ke Denpasar, ada pasar Sukowati yang menyediakan berbagai kerajinan dengan harga terjangkau,” ucap wanita yang akrab disapa Rina tersebut.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kabupaten Bangka Tengah yang juga baru saja dilantik, Irwin Sahroni menyampaikan bahwa hadirnya Gemawira juga berpotensi membuka lapangan kerja bagi berbagai kalangan yang ingin terjun ke dunia bisnis wirausaha.

“Salah satu tujuannya adalah membuat peluang baru untuk masyarakat agar ke depan mereka bisa mengedukasikan bisnis mereka lebih luas. Bukan hanya di Bangka Belitung tapi bisa ke nasional,” pungkasnya.

Berikut susunan Dewan Pengurus Gerakan Masyarakat Wirausaha Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung:

- Dewan Pakar:

1. Juanaidi, S.Kom, MM.
2. Dian Novita, ST.

- Dewan Penasehat:

1. Kepala Dinas KUKM Prov. Kep. Bangka Belitung

2. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Kep. Bangka Belitung

- Dewan Pembina:

1. Hj. Melati Erzaldi, SH.
2. Yuniar Putia Rahma, S.STP., M.Si.
3. Subekti Saputra , S.TP.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah: Dra. Catharina Kristiatmini
Wakil Ketua: M. Syarif Hidayatullah
Sekretaris: Dhimas Rinaldi
Wakil: Yeni Fransisca
Bendahara: Hayati
Koord. Ekraf: Rifky Firdaus Hidayatullah
Koord. Pemasaran: Winarno Suseno
Koord. Kesejahteraan Masyarakat: Miftahudin
Koord. Pelatihan dan Kewirausahaan: Endang Sri Hastuti, SH.
Koord. Humas dan Komunikasi: Zaky Abdurrauf

Ketua Dewan Pengurus Cabang :
1.    DPC Gemawira Kab. Bangka Barat: Narulita Dari
2.    DPC Gemawira Kab. Bangka: Abang Fadhila
3.    DPC Gemawira Kab. Bangka Tengah: Irwin Sahroni
4.    DPC Gemawira Kota Pangkalpinang: Lina Liani
5.    DPC Gemawira Kab. Bangka Selatan: Wahyu Firwansyah


Foto & Laporan: M. Aria