Ketemu ODP Berkeliaran, Tolong Laporkan ke 0811 7818 600

Ahada
Ketemu ODP Berkeliaran, Tolong Laporkan ke 0811 7818 600
Sukma Wijaya, Tim Humas/Media GTPPC-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menunjukkan gelang isolasi mandiri yang wajib dipakai Orang Dalam Pemantauan (ODP). (ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Siapapun yang baru datang dari luar Bangka Belitung akan dikenakan status Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Dan setiap ODP harus memakai gelang isolasi mandiri, yang akan dipakaikan saat keluar Bandara Depati Amir Bangka serta pelabuhan-pelabuhan laut di wilayah Bangka Belitung.

"Ini gelang isolasi mandiri, dipakai untuk siapapun yang baru datang dari luar Babel dan dikenakan status ODP," ujar Sukma Wijaya, Tim Humas/Media GTPPC-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sukma menunjukkan gelang warna hijau berlogo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang wajib dipakai oleh para ODP. 

"Semua data ODP tertera di aplikasi 'Fight Covid19' dan otomatis pergerakannya akan terpantau langsung. Gelang ini hanya penanda fisik, yang berjalan adalah aplikasi yang telah terinstall di android," jelas Sukma.

Guna semakin memantapkan penggunaan gelang isolasi mandiri ini, pada Sabtu (18/4/2020) telah dilakukan rapat sosialisasi dengan Diskominfo Kab/Kota, Satgasus, BPBD dan sejumlah stakeholder.

Tujuan rapat ini untuk menyatukan persepsi guna menindaklanjuti bila ada pergerakan ODP yang berkeliaran, atau melepas gelangnya.

Pihak Gugus Tugas Govid19 Provinsi Babel meminta bantuan semua komponen masyarakat untuk ikut mengawasi ODP, agar tetap berada di rumah selama masa isolasi mandiri.

"Dimohon kerjasama maksimal dari komponen masyarakat yang terdekat posisinya dengan ODP, misalnya tetangga, keluarga, Ketua RT/RW. Kita berhak menegur dan mengingatkan, agar kita dapat bersama-sama mencegah dan menaangkal penyebaran virus Covid-19 ini. Serta membantu kebutuhan ODP tersebut bila melakukan aktifitas keluar rumah. Sehingga mereka tetap isolasi mandiri dirumah," ujar Sukma.

Ataupun bila masyarakat ada menemukan ODP yang kebetulan berkeliaran atau melepas gelangnya, pihak Gugus Tugas Covid19 meminta maayarakat melaporkan dan bisa menghubungi nomor ini : 0811 7818 600.

"Mohon maaf ini semua kita lakukan untuk kebaikan bersama. Kita semua harus bekerjasama dengan baik dan berdoa semoga wabah corona ini cepat berlalu, aamiin," tukas Sukma. (BBR)
Laporan: @hada